Jumat, 17 Februari 2012

Nabi Sulaiman dan Candi Borobudur Adalah Kebohongan Sejarah

Akhir-akhir ini banyak beredar santer di media massa dan internet tentang penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli metematika Islam yaitu KH. Fahmi Basha, yang mengungkap tentang candi Borobudur yang katanya merupakan peninggalan Nabi Sulaiman. tentu ini sangat mengagetkan banyak orang karena sangat bertentangan dengan sejarah sebelumnya, terlebih bagi saudara-saudara kita yang ber Agama Budha.
Setelah membaca dan mendalami argumen dan hipotesa yang disampaikan oleh KH. Fahmi Basha ternyata banyak hal yang perlu dicermati dan perlu dijadikan pelajaran bagi kita semua antara percaya dan tidak percaya, bukti-bukti yang disampaikan sangat lemah dan tidak berdasar pada fakta sejarah jelas dan penjelasannya sangat ngawur terlebih membawa-bawa ayat kedalamnya sebagai rujukan ini adalah fenomena orang pintar yang menunjukkan kepintarannya dan menjadi bodoh karena kepintarannya.
Jika Candi Borobudur dikaitkan dengan Nabi Sulaiman maka dapat dikatakan telah terjadi manipulasi sejarah yang jelas dan sangat bertentangan sekali dengan fakta sejarah sekaligus telah membangun nilai kebencian dalam penistaan terhadap Agama yang lain. Dengan kesimpulan sebagai berikut:
1. Para sejarawan dan Arkiolog telah sepakat tentang siapa yang membangun Borobudur, dan diperkirakan tahun berapa dibangun, walaupun ada perbedaan tahun dan abad tapi beda tipis itu adalah rujukan awal bahwa para sejarawan dan Arkiolog mempunyai fakta dan bukti yang jelas untuk berbicara tentang Borobudur dan telah diakui dunia.
2. Sebenarnya KH. Fahmi Basha harusnya menjelaskan hitungan yang jelas kapan dibangun, karena beliau mempunyai Ilmu Matematika Islam bukan perkiraan lagi. Sehingga dapat dijelaskan kapan masa Nabi Sulaiman dengan tahun yang jelas dan kapan Nabi Sulaiman membangun candi Borobudur dengan tahun yang jelas? .. Bukankah bukan sesuatu yang sulit menetapkan tahun sedangkan beliau kan ahli dalam Matematika Islam?..
3. Jangan berkesimpulan hanya mendasari penelitian kepada nama-nama Orang yang berawalan SU atau lainnya, karena itu sebuah kebohongan yang dipaksakan untuk dipercayai, dan menunjukkan sebuah argumen ngawur tak berdasar.
4. Cerita yang disampaikan oleh Al qur’an berkaitan dengan Nabi Sulaiman dan Ratu Sobo/Balqis memang sebuah misteri, kenapa harus dijawa apa selain jawa tidak ada kerajaan lain selain jawa yang pantas ?… padahal para mufassir dan sejarawan banyak menjelaskan tentang keberadaan Nabi Sulaiman di Yerussalem dan Ratu Sobo/Balqis di Yaman selatan.
5. Bagaimana dengan patung-patung bukankah sejarah para Nabi sangat menentang setiap bentuk patung dari zaman Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW, apakah Nabi Sulaiman telah berubah Imannya sehingga setuju dibuatkan patung?.. terlebih patungnya setengah telanjang dari sudut mana pikiran ini muncul?….
6. Jika pemikiran Candi Borobudur selalu dikaitkan dengan keberadaan Nabi Sulaiman maka akan menimbulkan sebuah argumen baru nantinya bahwa Peradapan yang pertama ada di dunia adalah di Indonesia dan akan menarik Nabi-Nabi yang lain masuk dalam sejarah Indonesia bahkan nantinya Indonesia akan pantas di jadikan Negara Islam atas dasar cerita dan sejarah yang dipaksakan.
7. Apabila sejarah candi Borobudur dikait-kaitkan dengan Nabi Sulaiman dan Ratu Sobo/Balqis, maka Islam Rahmatan Lil Alamiin terkikis oleh sebuah pemikiran dan analisa bohong yang disampaikan oleh KH. Fahmi Basha. karena keberadaan Candi di Indonesia adalah tempat ber Ibadah ummat Budha, siapa yang telah mengobarkan kebencian antara pemeluk Agama dalam hal ini?…
Marilah kita ummat Islam jangan gampang percaya terhadap sebuah bentuk pembohongan sejarah baik sejarah Agama kita ataupun Agama orang lain, karena kita dituntut untuk menyampaikan kebenaran yang hak sesuai Al Qur’an dan Hadist. Islam tidak butuh Candi Borobudur dan Masjid antik untuk besar karena Islam adalah Rahmat bagi sekalian alam. Janganlah karena ingin membanggakan Islam dan membesarkannya menghembuskan cerita dan sejarah bohong, karena Islam berjalan diatas sejarah yang benar dan orang munafiklah yang telah merorong sejarah Islam dengan bermuka dua dan memakai topeng ketenaran.
Ya.. Tuhanku Luruskanlah semua kesesatan menuju jalanmu, dan tunjukkanlah yang hak itu hak dan yang bathil itu bathil.
Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad adalah RosulMu, Jadikan Al Qur’an dan Sunnah NabiMu penerang jiwa, hati, dan Pikiran kami. jauhkan kami dari pikiran-pikiran sesat dalam persekutuan sethan.

184 komentar:

  1. Salam.
    Hal yang menarik ketika anda memilih 'kebohongan' sebagai inti tulisan anda.
    Saya ingin bertanya kepada anda.

    Jika anda bilang itu semua kebohongan, apakah anda pernah MENGANALISA SENDIRI terjun ke lapangan tanpa bantuan data sekunder? Kalau belum lebih baik simpan komentar2 anda ini.

    Jika anda memang seorang lulusan arkeolog, apa yang mendasari anda menyalahi argumen seseorang? Bahwa sejatinya, tidak ada yang salah dalam sebuah hipotesa, bahkan tidak juga sepenuhnya hipotesa dapat dibilang benar.

    Yang terakhir, jika anda benar2 seorang muslimah, ingat "qul khoiron auli yasmut" :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa patung Budha yang terletak di candi Borobudur adalah karya umat Budha. Padahal menurut pendapat para peneliti, kemunculan Budha adalah sekitar abad 500 SM, sementara nabi Sulaiman hidup sekitar tahun 900-1000 SM. Jadi bisa saja terjadi umat yang hidup di jaman sesudah nabi Sulaiman membuat replika patung-patung Sulaiman dan akhirnya menjadi rekacipta milik mereka.

      Hapus
    2. gini bang, maaf ganggu.
      apa anda tahu tentang kisah Siti Mayam/Bunda Maria ketika kecil di Kuil Sulaiman?
      kemudian Maryam melahirkan Yesus/Isa, dan Isa berinteraksi dengan bahasa Aram, kemudian berdialog dengan orang Kanaan, lalu Isa mengenal tempat Sumeria, yang semua tempat itu berdekatan dengan Yerussalem, Palestina.

      artinya apa? kalau Yesus/Isa, Maria, dan Sulaiman masih dalam satu tempat, kenapa tempat itu harus di Jawa? apa ada di jawa bangsa Sumeria? bangsa Kanaan?
      itu satu bukti bahwa mereka tidak tinggal di Jawa.


      kedua,
      Sulaiman, Maria, dan Isa adalah keturunan Israel/Ya'kub.
      dalam Matius 15:24 disebutkan bahwa Isa adalah utusan/rasul untuk bangsa Israel yang hilang. adakah Israel ketika itu di tanah Jawa?

      dalam Al-Quran pun disebutkan Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata." (Q.S. Ash-Shof : 6)
      adakah lagi Taurat/Torah diturunkan di Jawa?

      Ibrahim/Abraham, mempunyai 2 anak, Ismail dan Ishak. Ismail dan keturunannya sampai ke Muhammad. sedang Ishak, keturunannya sampai ke Isa. dari Ishak-Isa inilah Nabi2 umat Israel. bukan Nabi orang Jawa.

      anda lupa tentang pembebasan yang dilakukan Nabi Musa untuk umat Israel dari Fir'aun hingga mereka menyebrangi Laut Merah dan pergi ke Yerussalem? disitulah muncul umat Yahudi, muncul pula keturunan dari Daud ayahnya Sulaiman, disitu ada Ishak-Isa. yang jelas kesemuanya itu (Ishak-Isa) adalah nabi utusan umat Israel.
      Adakah Fir'aun itu di Jawa? anda menentang sejarah!!


      hubungannya,
      kalau Isa menyatakan bahwa dirinya hanya untuk umat Israel, dan Al-Quran pun menjelaskan tentang itu, kenapa harus dipaksakan kerajaan Sulaiman ada di tanah Jawa. kalau Kuil Sulaiman ada di Jawa, jelas Siti Maryam ada di Jawa, begitu pula Isa lahir di Jawa.
      ini bertentangan dengan AlQuran!!

      Hapus
    3. Mas Dimas, maaf ya.. yang dimaksud borobudur itu bukanlah kuil sulaiman. Supaya jangan salah tanggap, agar dibaca dulu secara lengkap hasil penelitian KH. Fahmi Basya tersebut. Borobudur itu adalah istana ratu saba yang dipindahkan dengan izin Alloh oleh pengikut nabi Sulaiman. Terima kasih

      Hapus
    4. JANGANKAN ALQURAN INJIL MENJELASKAN DI KITAB RAJA-RAJA (19) Takhta itu enam tingkatnya; pada takhta itu ada di sebelah belakang sebuah kepala bundar, dan pada kedua sisi tempat duduk ada kelek-kelek. Di samping kelek-kelek itu berdiri dua singa,

      ya'maluuna lahu maa yasyaau min mahaariiba watamaatsiila wajifaanin kaaljawaabi waquduurin raasiyaatin i'maluu aala daawuuda syukran waqaliilun min 'ibaadiya alsysyakuuru
      SURAT SABA AYAT 13
      13. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.

      Hapus
  2. Masih belajar ya nisa?? gpp kalo beri komentar.. yang jelas variabel kamu untuk menentang hipotesa KH. Fahmi Basya masih kurang nak..

    BalasHapus
  3. gimana ya para wali allah bisa secepat angin ke mekkah..? jaman dulu gak ada pesawat toh..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu menurut manusia,.... klo Allah menghendaki tidak ada yang mustahil

      Hapus
    2. ane setuju pendapat IKHWANUDIN IVAN...

      Hapus
    3. Makanya Aku Berdo'a sekarang Biar nggak ribut melulu "Aku mohon kepadamu Tuhan Yang Maha Pencipta, Kondisikan dan dengan kekuatan CiptaMu semua Umat Manusia di muka Bumi ini berakhlak Mulia Semua mulai detik ini aaamiiin"

      Hapus
    4. sayangnya tidak dikehendaki allah dan jadinya mustahil... terus bisa apah??

      Hapus
    5. Cuma meluruskan saja .. Manusia ini kan makhluk dengan akal dan logika ..

      Sekarang pertanyaannya apakah memang zaman dulu gak ada pesawat?? Bukannya besi terurai hanya dalam waktu 100-200 tahun??

      Apakah orang zaman dulu bodoh?? Bukannya Nabi Adam adalah manusia terpintar yang pernah ada?? Karena Allah yang menciptakannya langsung, dia diberi mukjizat dapat menggunakan kapasitas otaknya 100% .. Lalu apakah keturunannya adalah makhluk bodoh??

      Kalo belum yakin coba baca dan cermati QS Al-An'am (6) ayat 6

      Hapus
    6. kalo anda masih kurang percaya pada yg ghoib ,

      http://palingseru.com/10870/kejadian-mistik-bus-pahala-kencana-masuk-hutan-jati-di-blora

      silakan anda lihat? itu salah satu hal ghoib. apakah anda sekarang sudah bisa menerima dengan akal sehat

      Hapus
  4. Sebaiknya setiap argumen harus didukung data yg kuat. K.H. Fahmi Basya berargumen dg dukungan data baik scara ilmiah maupun kajian Al-Quran. Maka jika Anda ingin menyanggah, sanggah lah dg data yg tak kalah ilmiah dg yg disanggah, bukan dg 7 kesimpulan yg tak berdasar.

    Izinkan sy, mengomentari 7 kesimpulan tulisan di atas:
    1. Fakta dan bukti sejarah spt apa yg disepakati para arkeolog, yg katanya sangat jelas itu? Bukankah smpe sekarang para arkeolog jg belum bisa menjelaskan smua relief yg ada di candiborobudur? Dan perlu diingat sejarah itu tdk sedikit yg dibuat sesuai kepentingan penguasa saat itu.

    2. Menghitung tahun masa lampau emangnya menggunakan matematika doang. Coba deh tanya k ahli matematika, berapa usia gunung anak krakatau? trus pd umur berapa ibunya anak krakatau meletus? trus gunung2 yg lain yg ada di nusantara, pada tahun berapa mereka terbentuk? Emangnya ahli matematika bisa ngitung itu, ngga dong, karena dibutuhkan cabang ilmu lain untuk menemukan itu.

    3. Nama-nama yg dikait-kaitkan itu, sy pikir bukan argumentasi pokok dr K.H Fahmi Basya. itu adalah hal-hal kecil yg bisa mendukung argumentasi utamanya. Apakah misalnya ketika dari hasil tes DNA menyatakan bahwa si A dan si B itu sedarah, kemudian ada argumen tambahan yg menyatakan bahwa si A dan si B memiliki kesamaan nama belakang, lalu kita men-cap bahwa argumen tambahan yg berdasar kecocokan nama adalah sebuah kebohongan? kan ga gitu logikanya...

    4. Kl sy liat video K.H Fahmi Basya, sangat banyak yg dikaitkan dg Al-Quran. karena dia memang berpegang dr Ayat Al-Quran. dia juga sedikit membanding-bandingkan dg negeri Yaman dan Yerusalem dn kesesuaianya dg Al-Quran. Jd coba liat lagi argumentasi beliau.

    5. Perlu diingat Nabi Sulaeman itu bukan membuat patung untuk disembah. Karena dalam Al-Quran sendiri disebutnya tamatsil. berbeda dg patung yg disembah, itu namanya berhala dan disebut asnam. Perhatikan ayat ini Dalam Al-Quran surat Saba ayat 13:
    "Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan PATUNG-PATUNG dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba Ku yang berterima kasih"

    6. Logikanya apa, kl Nabi Sulaiman di Indonesia terus nabi-nabi lain harus ada di Indonesia? Ingatlah, tak ada satu kaum dimuka bumi ini kecuali Allah mengutus seorang Nabi utk memberi peringatan. setiap kaum pasti ada nabinya.

    7. Logika macam apa lagi ini? Nabi Sulaeman itu hadir sekian ribu atau mungkin belasan ribu tahun yg lalu, jd udah berapa generasi
    yg hadir memanfaatkan borobudur. Ingat, di Spanyol aja banyak masjid yg dibangun jaman dulu tp kemudian diubah jadi gereja, begitu pun sebaliknya ada juga gereja yg jd masjid. Please sedikit logis lah kl berargumen.

    Nomor 7 point nya apa ini? Islam Rahmatan lil 'alamien ko tiba-tiba terkikis hanya gara-gara karena orang sdang melakukan penelitian? GA ada kaitannya atuh. coba taroh, seandainya fakta sejarah membuktikan kl borobudur dibuat Nabi Sulaeman, trus cap Islam sbg rahmatan lil'alamien apa kemudian lantas hilang? kan ngga. Ini bukan ttg menebar kebencian, ini kaitannya dg pencarian kebenaran.

    Jd kl hemat saya, biarkanlah K.H Fahmi Basya melakukan penelitiannya. Kita pelajari dan pahami betul apa argumen beliau. Kl kita punya pendapat yg berbeda, ya sampaikanlah dg data dan fakta yg kuat pula bukan dg asal-asalan kyk gini apalagi sampai ada fitnah. kan ga baik. toh, semuanya hanya Allahlah yang Maha Tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Berkisah atau bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan SANG BUDDHA untuk menyampaikan ajaran pada pengikutnya melalui cerita-cerita buddhism. Hal inilah yang diwujudkan oleh relief yang terbentang pada candi borobudur pada langkan dan lorong lorong candi.Tak kurang dari 1.460 panel pigura terdpat pada candi borobudur.Relief Borobudur terdiri dari cerita/ ajaran Karmawibhangga , Lalitawistara ,jataka/awadana ,Gandawyuha dan Gandawyuha. Semua cerita kisah atau ajaran tersebut ada diTRIPITAKA (Kitab Suci Agama Buddha)

      2. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 sebelum masehi atau abad ke 9 . Borobudur dibangun oleh pengikut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

      3. No Komen. Kalau orang yahudi/kristiani menyebut "SOLOMON". Ga da Jawa yang pake nama ini dr jaman nenek buyut. Dan SOLOMON bukan nabinya islam saja. Namun juga nabi dari YAHUDI dan KRISTIANI.

      4. No komen. Tidak ada bukti yang jelas. just OT (omong thok)

      5. Pendusta agama itu adalah dosa besar... Jelas-jelas kerajaan saba yang di pimpin ratu balqis sudah di hancurkan allah baik istana maupun penduduknya dengan mengirim banjir besar.... Keterngan lebih lanjut baca surah : an-Naml dan sabaa ... Jangan sesekali anda mendustai agama...!! Ingat.. Ketika nabi sulaiman meninggal.. Tongkat nya saja di makan rayap agar tak ada orang yang bisa menggunakan setelah nabi sulaiman meninggal... Begitu juga istana-istana dan kemegahan kerajaan sulaiman di lenyapkan allah...!!!!
      (# COPAS KOMENT "yogie ivander")

      6. Sudah jelas HINDU-BUDDHA adalah agama yang pertama kali masuk. Islam masuk ke Jawa pada saat ada KERAJAAN DEMAK. Itupun karena Anak dari RAJA MAJAPAHIT durhaka dengan membunuh ayahnya dan menghancurkan MAJAPAHIT karena bujukan para wali.Sebelum itu sama sekali tidak ada peninggalan yg merujuk ke ISLAM

      7. Dilihat sekilas saja sudah ketahuan Candi Borobudur merupakan Candi Buddha. Bercirikan filosofi Buddhis.

      Hapus
    2. 6. Sudah jelas HINDU-BUDDHA adalah agama yang pertama kali masuk. Islam masuk ke Jawa pada saat ada KERAJAAN DEMAK. Itupun karena Anak dari RAJA MAJAPAHIT durhaka dengan membunuh ayahnya dan menghancurkan MAJAPAHIT karena bujukan para wali.Sebelum itu sama sekali tidak ada peninggalan yg merujuk ke ISLAM

      7. Dilihat sekilas saja sudah ketahuan Candi Borobudur merupakan Candi Buddha. Bercirikan filosofi Buddhis.

      MAAF POIN 6 DAN 7 ADA BUKTI KONKRIT/KESAMAAN DALAM KITAB BUDHA/Hindu,,?? DITUNGGU JAWABANNYA...OMM
      BACA INI OM SEBELUM KOMENTAR,,
      http://muamallat.wordpress.com/sarjawala/

      Hapus
    3. memang adam ma sidarta duluan mana sih?

      Hapus
    4. 1000 % buat Leytasari Putri Herdian..

      Hapus
    5. 1. Berkisah atau bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan SANG BUDDHA untuk menyampaikan ajaran pada pengikutnya melalui cerita-cerita buddhism. Hal inilah yang diwujudkan oleh relief yang terbentang pada candi borobudur pada langkan dan lorong lorong candi.Tak kurang dari 1.460 panel pigura terdpat pada candi borobudur.Relief Borobudur terdiri dari cerita/ ajaran Karmawibhangga , Lalitawistara ,jataka/awadana ,Gandawyuha dan Gandawyuha. Semua cerita kisah atau ajaran tersebut ada diTRIPITAKA (Kitab Suci Agama Buddha)

      2. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 sebelum masehi atau abad ke 9 . Borobudur dibangun oleh pengikut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

      3. No Komen. Kalau orang yahudi/kristiani menyebut "SOLOMON". Ga da Jawa yang pake nama ini dr jaman nenek buyut. Dan SOLOMON bukan nabinya islam saja. Namun juga nabi dari YAHUDI dan KRISTIANI.

      4. No komen. Tidak ada bukti yang jelas. just OT (omong thok)

      5. Pendusta agama itu adalah dosa besar... Jelas-jelas kerajaan saba yang di pimpin ratu balqis sudah di hancurkan allah baik istana maupun penduduknya dengan mengirim banjir besar.... Keterngan lebih lanjut baca surah : an-Naml dan sabaa ... Jangan sesekali anda mendustai agama...!! Ingat.. Ketika nabi sulaiman meninggal.. Tongkat nya saja di makan rayap agar tak ada orang yang bisa menggunakan setelah nabi sulaiman meninggal... Begitu juga istana-istana dan kemegahan kerajaan sulaiman di lenyapkan allah...!!!!
      (# COPAS KOMENT "yogie ivander")

      6. Sudah jelas HINDU-BUDDHA adalah agama yang pertama kali masuk. Islam masuk ke Jawa pada saat ada KERAJAAN DEMAK. Itupun karena Anak dari RAJA MAJAPAHIT durhaka dengan membunuh ayahnya dan menghancurkan MAJAPAHIT karena bujukan para wali.Sebelum itu sama sekali tidak ada peninggalan yg merujuk ke ISLAM

      7. Dilihat sekilas saja sudah ketahuan Candi Borobudur merupakan Candi Buddha. Bercirikan filosofi Buddhis.

      Hapus
  5. kalo patung yg setengah telanjang itu wajar karena aurat laki laki itu cuma sebatas pusar smpe betis...
    laki laki yg menunaikan ibadah haji juga stngah telanjang tuh...
    trus patung itu juga pakaian nya mirip kaya ihram jadi ya mungkin ja apa yg sedang di kemukakan oleh K.H Fahmi Basya itu benar karena di dunia ini apa saja mungkin terjadi

    BalasHapus
  6. Dulu kekuasaan sulaiman meliputi seluruh dunia. Krn beliau minta tdk akan ada lg kekuasaan yg spt itu sepejinggal beliau. Hubungannya borobudur? Sy menduga borobudur itu hanya salah satu project beliau saja. Meskipun beliau bertahta di Jerusalem sangat mungkin beliau sampai ke tanah jawa krn beliau dianugerahi kemampuan lebih, bisa bocara dg angin dan jin. Lha beliau nyuruh iin mindahin istana saja bisa apalagi klo cuma pindah dr palestine ke jawa, sekedip mata jg lgsg myampe. Jd ga ada yg aneh dg penemuan kyai fahmi basya. Maju terus penelitian maju terus pengetahuan

    BalasHapus
  7. adik Husna Khoirunnisa...ayo bobo, sudah malam.
    besok belajar ngaji lagi ya. biar tambah pinter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkhkhkhkhkh.... dia udah bobok.... buktinya ga nongol2...

      Hapus
    2. husna sebenar kamu orang pintar yang menjadi bodoh,hargailah kinerja seseorang benar atau tidaknya tidak ada yang tau. Kita lihat saja selanjutnya. Apa yang kamu katakan patung patung itu memang benar,tapi kaji lagi penjelasan KH Fahmi lebih detil,

      Hapus
  8. Tuan-tuan janganlah menyalahkan Husna. Dia hanya memetik sebuah artikel dari sumber yang dia nyatakan di atas.

    BalasHapus
  9. Blog gak bermanfaat.. Penuh dengan omongkosong belaka...!!!! Dan yang pasti.. Telah mendustai agama,,,, ingat.... Pendusta agama itu adalah dosa besar... Jelas-jelas kerajaan saba yang di pimpin ratu balqis sudah di hancurkan allah baik istana maupun penduduknya dengan mengirim banjir besar.... Keterngan lebih lanjut baca surah : an-Naml dan sabaa ... Jangan sesekali anda mendustai agama...!! Ingat.. Ketika nabi sulaiman meninggal.. Tongkat nya saja di makan rayap agar tak ada orang yang bisa menggunakan setelah nabi sulaiman meninggal... Begitu juga istana-istana dan kemegahan kerajaan sulaiman di lenyapkan allah...!!!! Jadi buat anda KH basha,,, jangan lah engkau jual ayat alqur'an dengan harga murah..!!! Ingat KH basha di akhir surah an_naml Allah berfirman: mengapa kamu mendustai ayat-ayat ku padahal kamu tidak mengetahui nya..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ yogie: Disini tidak ada dusta, yang ada hanya hipotesa mengenai candi borobudur. Dan apabila anda mengerti betul mengenai Candi Borobudur dan Nabi Sulaiman, maka KEWAJIBAN Anda untuk memberikan komentar berdasarkan data yang Anda gunakan. Gunakan bantahan secara ilmiah dengan dukungan data.

      Hapus
    2. @yogie cb dprhatikan lg, yg dihancurkan dlm firman Alloh swt. Adalah kerajaan sulaiman,mnurut kh. Fahmi basya borobudur itu Istana ratu balqis n dibawahnya istana sulaiman

      Hapus
    3. yang dilenyapkan itu ilmu & teknologi nya, sedangkan bukti/karya nya "bisa" di temukan.. terbukti sampe skrg teknologi untuk membangun candi borobudur aja ga bs diulang.. #opini terbuka

      Hapus
  10. Barangkali ini bisa memberikan pemahaman mengenai hipotesa KH Fahmi Basya tentang Borobudur dan peninggalan Nabi Sulaiman:
    1.Nabi Sulaiman adalah Nabinya para penganut agama Samawi baik Yahudi, Nasrani, maupun Islam,(adalah kurang pas cara memahami seandainya Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman terus diklaim miliknya orang Islam)
    2.Kuil Nabi Sulaiman itu dibangun secara gotong royong antara bangsa manusia dengan bangsa jin, umur manusia ada batasnya sementara jin tak terbatas, kenapa kita tidak menanyakan kepada jin pembuat kuil Nabi Sulaiman yang tentu saja sampai saat ini masih hidup.
    3.Sekedar info temen jin itu sekarang tinggal di Permata Hijau dulu pernah populer dengan serial "Jin dan Jun" kalau dirasa kurang pas bisa konsultasi dengan "Jhiny oh Jhiny".
    4.Barangkali dari para pembaca ada yang tahu alamat jin? Ditunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. setuju.... Pak Marto... coba tanya dulu sama jin penunggu, kalau perlu utus mas tukul arwana sama pak ustadz sholeh pati utk jalan2 ke borobudur... utk di cek kisahnya dg jin2 disana, brg kali ada yg bisa diwawancara

      Hapus
  11. jawaban atas segalanya hanya ALLAH SWT yang tahu, manusia hanyalah bisa berpendapat, benar atau tidaknya biar ALLAH SWT yang menilai kita sebagai seseorang yang beriman hendaknya menghargai dan mengambil hal positif dari setiap argumen, bukannya mendukung atau mengecam tapi tetap tenang :)

    BalasHapus
  12. saya akan coba mengomentari 7 kesimpulan yang anda tulis:
    1.para arkeolog aja sampe sekarang masih bingung menjelaskan setiap relief yang ada diborobudur tapi kalo kita benar benar mengkaji Al quran perlahan lahan terungkap itu semua loh :D dan emang para arkeolog itu sudah sepakat yang ngebangun itu raja dari dynasty syailendra tapi ada beberapa arkeolog yang mengukur umur batunya berbeda masa dengan dynasty syailendra :)

    2.begini kan susah menghitung tahun kapan dibangun bangunan sejarah apalagi jika dibangunnya itu sebelum masehi. Tapi di al quran ada yang kan cerita nabi sulaiman AS membangun sebuah bangunan sebelum dia meninggal :D dan nabi sulaiman itu dimasa hidupnya mempunyai banyak kisah apa bangunan yang ia bangunkalo mau dikaji lebih dalam kita harus punya sumber yang banyak di Al quran ada banyak bukti di kitab Injil juga ada buktinya tapi kalo di injil namanya king solomon

    3.menurutku ini gak ada hubungannya sama sekali dengan kesimpulan yang disampaikan oleh dr K.H Fahmi Basya kan itu hanya gelar :D

    4.logikanya gini kalo kerajaan ratu balqis yaitu saba ada di yaman dan kerjaan nabi sulaiman AS ada di yerusalem kan nabi sulaiman AS baru tau kerajaan ratu balqis dari burung hud hud dan gak mungkin burung hud hud mengantarkan surat yang bertuliskan bismillahirahmannirohim(mohon maaf jika salah penulisan) dia terbang dari yerusalem ke yaman dalam waktu singkat berarti mereka kerajaannya berdekatan dan kemungkinan besar kerajaan mereka itu ada di pulau jawa kenapa gak di tempat lain?? karena kerajaan nabi sulaiman punya banyak jin bukan dan satu satunya pulau yang masih punya unsur mistis dengan jin itu hanya ada di pulau jawa :D

    5.nabi sulaiman membuat patung sudah ada penjelasan di surat saba ayat 13 Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. dan sebagai catatan nabi sulaiman membuat patung bukan untuk disembah :) sekarang gini kalo anda beranggapan membuat patung itu gak boleh banyak para pengusaha yang beragama islam membuat patung produk yang ia jual itu gpp kan :D
    6.kan setiap kaum mempunyai nabinya sendiri sendiri dan ALLAH SWT gak selalu menurunkan utusannya hanya didaerah arab sana pasti ia juga menurunkan di tempat tempat lain yang kaumnya telah tersesat :D gak mungkin juga indonesia langsung dipaksa jadi negara islam lah kalo gitu kan ntar ribet pasti ntar kita terpecah negaranya tapi mungkin mayoritas islam di indonesia akan bertambah :)
    7.gini kan banyak bangunan yang fungsinya berubah ubah contoh masjid hagia sophia di istambul,turki kan dulunya gereja tapi abis itu jadi masjid dengan kata lain bisa aja bangunan yang dibangun nabi sulaiman AS telah disangka dibangun untuk umat budha kan karena reliefnya sama bagaimana kalo kejadiannya seperti ini pada zaman sebelum masehi para raja dan wanita wanitanya memang berpaikaan seperti itu jadi sama seperti umat budha yang kebetulan pakaiannya sama .__.??? kan bisa

    nah itu pendapat saya mohon maaf kalo kalo menurut yang baca salah kan namanya juga pendapat dan saya adalah manusia yang mempunyai keterbatasan pengetahuan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Berkisah atau bercerita merupakan salah satu metode yang digunakan SANG BUDDHA untuk menyampaikan ajaran pada pengikutnya melalui cerita-cerita buddhism. Hal inilah yang diwujudkan oleh relief yang terbentang pada candi borobudur pada langkan dan lorong lorong candi.Tak kurang dari 1.460 panel pigura terdpat pada candi borobudur.Relief Borobudur terdiri dari cerita/ ajaran Karmawibhangga , Lalitawistara ,jataka/awadana ,Gandawyuha dan Gandawyuha. Semua cerita kisah atau ajaran tersebut ada diTRIPITAKA (Kitab Suci Agama Buddha)

      2. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 sebelum masehi atau abad ke 9 . Borobudur dibangun oleh pengikut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra.

      3. No Komen. Kalau orang yahudi/kristiani menyebut "SOLOMON". Ga da Jawa yang pake nama ini dr jaman nenek buyut. Dan SOLOMON bukan nabinya islam saja. Namun juga nabi dari YAHUDI dan KRISTIANI.

      4. No komen. Tidak ada bukti yang jelas. just OT (omong thok)

      5. Pendusta agama itu adalah dosa besar... Jelas-jelas kerajaan saba yang di pimpin ratu balqis sudah di hancurkan allah baik istana maupun penduduknya dengan mengirim banjir besar.... Keterngan lebih lanjut baca surah : an-Naml dan sabaa ... Jangan sesekali anda mendustai agama...!! Ingat.. Ketika nabi sulaiman meninggal.. Tongkat nya saja di makan rayap agar tak ada orang yang bisa menggunakan setelah nabi sulaiman meninggal... Begitu juga istana-istana dan kemegahan kerajaan sulaiman di lenyapkan allah...!!!!
      (# COPAS KOMENT "yogie ivander")

      6. Sudah jelas HINDU-BUDDHA adalah agama yang pertama kali masuk. Islam masuk ke Jawa pada saat ada KERAJAAN DEMAK. Itupun karena Anak dari RAJA MAJAPAHIT durhaka dengan membunuh ayahnya dan menghancurkan MAJAPAHIT karena bujukan para wali.Sebelum itu sama sekali tidak ada peninggalan yg merujuk ke ISLAM

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Saya tidak setuju dengan Pendapat Eko Saryanto

      Hapus
    4. belajarnya dari buku pelajaran sekolah sih ,,,ayoooo belajar lge ,,,monggo

      Hapus
  13. Nih Penjelasan Candiborobudur

    Seperti candi pada umumnya, candi Borobudur melambangkan adanya alam semesta.Dalam kosmologi agama Buddha, semesta dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu kamadhatu ( dunia nafsu), rupadhatu (dunia berbentuk) dan arupadhatu (dunia tak berbentuk).Sehingga pada arsitektur Borobudur terdapat tiga fase tigkatan yang melambangkan ketiga dunia tersebut.

    Yang menarik dari candi Borobudur dibandingkan candi yang lain adalah fase arupadhatu yang berbentuk lingkaran, bentuk ini jarang ditemukan pada candi-candi lain yang umunya tetap mempertahankan bentuk persegi dari bawah hingga bagian atas.Tiga undak yang berbentuk lingkaran ini tidak dihiasi satu relief pun, hal ini mencerminkan dunia arupadhatu yang maknanya tidak berbentuk atau merupakan tingkatan tertinggi yang telah terlepas dari duniawi,sehingga tidak ada satu kisah pun yang dipahatkan dalam relief.

    Mengenai bentuk bangunan sendiri, Borobudur menggunakan bentuk keseimbangan simetris dan jika nampak dari atas menyerupai bentuk bunga teratai yang merupakan tempat dimana SANG BUDDHA biasa digambarkan duduk diatasnya.Sedangkan bentuk stupa juga tergolong unik, berbeda pada cand-candi yang lain bahkan cand-candi di india pun berbeda dengan borobudur.Bentuk stupa yang melingkar setengah bola dengan kerucut diatasnya diilhami dari pertanyaan salah satu murid sidharta gautama yang menanyakan padanya bilamana ia meninggal nanti.Ia mengatakan agar jasadnya dibakar kemudian abunya ditutup dengan stupa.Untuk menggambarkan seperti apa stupa itu sang Buddha melipat jubahnya,kemudian diatasnya diletakkan mangkuk terbalik berbentuk kerucut.Kemudian ditasnya diletakkan tongkat secara tegak.Dengan demikian unsur stupa dapat diidentifikasi menjadi prasadha(dasar), dagob(setengah bola) dan yati (puncak).Secara keseluruhan candi Borobudur lebih mirip dengan bentuk stupa raksasa, dengan kamadhatu dan rupadhatu sebagai prasadha, arupadhatu sebagai dagob dan stupa utama sebagai yati.

    Bisa disimpulkan Candi Borobudur memang berdasarkan dan filosofi Buddhis. Relief yang tergambar juga merupakan kisah perjalanan Buddha dan tentang Ajaran Buddha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Everybodi know it, tapi Islam kan ya gitu dehhhh... Apa sih yg gak diributin. :/

      Hapus
    2. jangan ngomong gitu dong... nanti jadi sara gimana ??? sopan dikit...

      Hapus
    3. pertanyaannya sekarang gini ..
      yang menjelaskan di atas itu siapa ????
      banarkah apa yang dia jelaskan ???
      tau dari mana mereka ???

      mereka kan juga sama-sama mengadakan penelitian seperti KH. Fahmi Basha, cuma dengan penelitian tidak ada yang pernah hidup pada jaman pas pembangunan Candi Borobudur.

      buat apa diributin, klo memang anda belum puas dengan penelitian yang telah dilaksanakan, adakana penelitian sendiri, jangan cuma menyalahkan pendapat orng lain.

      Hapus
  14. Ya Tuhan , kenapa gak sekalian aja Komodo di akui jd hewan ternak Sulaiman ?? Biar lbih tenarrrr, klw cuma Borobudur mah kecil.. Beginilah klw orang pintar tp gak cerdas. Orang lain udah nyampe ke Mars, ini masih aja mentok di lokal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muhammad udah kelangit ke tujuh mas, mereka ke mars kan sama-sama untuk menyingkap ilmu Allah juga. trus mas andro bisa apa?? bagi dong ilmunya

      Hapus
    2. gak bisa bro...bisanya cuman kawin mulu

      Hapus
  15. ini ngopi dari tulisan orang ya jeng,, mgkn nnti harus lebih selektif lagi.. kalo bisa dikasih sedikit komen kamu ttg tulisan yg kamu kopi itu..
    kalo tmn2 diatas komen langsung diblog ato postingan langsung dr penulis asli ny ky lebih pas, ntar kn si penulis bisa ngejawab sma pertanyaan..
    kalo gak salah penulisnya Syafii Addinar

    BalasHapus
  16. ''Neng husna '''' nggak gitu kaleee....???

    BalasHapus
  17. Numpang lewat, Apapun yang ditulis dalam Tulisan maupun komentar, saya setuju. Seorang Arkeolog menganalisa dengan ilmu pengetahuannya, walau itu belum pasti karena jawaban akhir yang ia lontarkan adalah "Wallohu a'lam". begitu juga penafsiran KH. Fahmi memiliki metode analisa yang mungkin berbeda, pasti jawaban akhirnya "Wallohu a'lam". Anda mungkin mau menganalisa dengan ilmu pengetahuan anda juga "Monggo" nda ada yang melarang, asal analisa anda jelas, dan pasti anda juga "tidak bisa memastikan Kenyataan sesungguhnya karena anda hanya menganalisa dari suatu perkiraan saja berdasarkan keilmuan anda" dan pasti jawaban anda pun pada akhirnya "Wallohua'lam" juga. Ini yang saya harap kita tidak boleh mengklaim seorang itu "PEMBOHONG" atau "MENGADA-ADA",

    BalasHapus
    Balasan
    1. KH. Fahmi itu dosen matematika...broo...

      Hapus
    2. Walaupun Profesor Matetmatika sekalipun...

      Hapus
  18. ini nih, tanda akhir zaman.

    BalasHapus
  19. Selamat.......Luar biasa perjuangan muslim saat ini.
    Oke, saya akan ikut nimbrung dan sedikit menengahi ataupun memperjelas wacana diatas, walaupun dengan sisi penafsiran saya pribadi tentang hal ini.
    memang perlu di ingat dalam setiap penelitian wajib adanya kritik dan saran untuk lebih membangun dan memperbaiki hipotesa yang ada, jadi saya harap kalian-kalian yang ngomong semua ini bisa tenang dalam berucap dan tidak terlalu nyindir pedas segala, ingat ilmu pengetahuan tidak selaras dengan kekerasan, oke brow.... siiip kita mulai :
    1. Fakta dan bukti sejarah mungkin seperti ini, Sulaiman adalah Nabi dan Raja terkaya yang disebutkan mampu menguasai 2/3 dunia, jelas seharusnya sisa-sisa kemegahan sulaiman tersebut harusnya masih ada, tidak hanya borobudur saja walaupun sangat mungkin nusantara dulu memang dikuasai oleh sulaiman, tapi sungguh sangat lemah apabila merujuk bahwa Istana Sulaiman tersebut ada di Indonesia. Sedangkan bukti sejarah dari Mesir dan Jazirah Arab masih terjaga baik. ya logikanya masa orang kaya gak bisa bikin rumah keren, kok borobudur sih yang jelas-jelas bukan rumah malah disebut Istana, trus sebelah mana kamar,dapur istana dan WC nya? apa sulaiman kalo pipis musti loncat dulu kebawah borobudur? Setiap daerah kalo dikait-kaitkan dengan Al-Quran ya bisa saja jadi nyambung, gak mesti tok wilayah Jawa lho.
    2. Cara menghitung si Kyai ini harus benar-benar akurat, bahkan saya baca pada tulisan dia, kok jadi nyambungkan kekunoan jawa dibanding dengan wilayah lain didunia berdasarkan ditemukan fosil manusia purba, bukan pake matematika? lha wong si pithecanthropus erectrus ato homo wajakensis itu udah jelas akal-akal yahudi dengan teori darwin nya yang berlawanan dengan akidah agama manapun, ya kan? Adam adalah manusia pertama yang di ciptakan Allah SWT dengan bentuk sempurna dan Guanteng abis, sampean-sampean ini mau aja jadi anaknya monyet.
    3. Nama awalan SU menurut catatan kependudukan Belanda VOC mulai tren pada awal abad 19 dan sisanya masih digunakan abad ini. sedangkan pada abad ke 8 sampai zaman Singosari nama orang Jawa kala itu menggunakan awalan KEN seperti Ken Arok, Ken Dedes, dan zaman Majapahit masyarakatnya menggunakan nama Hewan, seperti Kebo Anabrang, Lembu Sora, Gajah Mada, Hayam Wuruk dll, Jelas toh....
    4. Untuk masalah kedudukan Sulaiman sebaiknya kalian termasuk si Kyai ini lihat lagi Al-Quran dan Hadist, banyak kok, dan di situ jelas menyebutkan lokasi tersebut dua daerah yaitu Yerusalem dan Yaman Selatan. hanya mungkin wilayah kekuasaannya mencapai Nusantara.
    5. Jelas itu patung Buddha, karena kebudayaan Cina dan India lebih awal maju dibandingkan Nusantara, merekapun memiliki bukti kuat untuk hal itu, Silahkan tanya sendiri orang Cina dan India.
    6. Nabi di Indonesia sangatlah mungkin, karena jumlah Nabi dan Rosul di dunia mencapai Ribuan, akan tetapi bila kita mengimani Islam, maka jelas Sulaiman itu bukan Wong Jowo tapi orang dari keturunan Ibrahim dari Jazirah Arab, kan kita ada RUKUN iman pada 25 Nabi yang rujukannya Nabi dari Arab.
    7. Kaitan Ratu Bilqis dan Nabi Sulaiman ada yang kurang sempurna si Kyai menelaahnya dengan Jawa, saya takutkan ini cuma analisis mirip pengakuan orang Israel tentang hubungannya dengan Jawa, sehingga menyebutkan ibukota mereka Java Tel Aviv, kayaknya mereka tau kalo Indonesia muslim yang tangguh, dari pada di lawan mending kata mereka di anggab Saudara dari bani Israil, amit-amit deh.... jadi mereka leluasa sikat Palestina tanpa dimarahi kakaknya yaitu Wong Jowo..hehe
    *** DIAN SPY ***

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk yang nomor 4, tolong sebutkan ayat Quran dan Hadits yang jelas-jelas menyebutkan bahwa Nabi Sulaiman berkedudukan di Yerusalem dan Yaman?
      Setahu saya itu hanya disebutkan di penjelasan tafsir, bukan di tafsir yang langsung tertera pada ayat.

      Hapus
    2. ah kurang mendasar pak, argumenya....! beberapa poin aja sy pengen interupsi:
      1. tolong sebutkan dmn haikal sulaiman berada kl memang ada di zajirah arab! orang smpe skrg bangsa yahudi masih mencarinya ko
      4. tolong sebutkan ayat Al-Quran yang menyatakan kl kerajaan Sulaiman ada di Yaman!
      5. poin Ini jg perlu dikritisi. pelajari lg ttg kemungkinan usia situs gunung padang, pelajari jg relief2 yg di candi di seluruh indonesia. pengetahuan ini bisa membantu pak
      6. coba tunjukkan jg Ayat Al-Quran yg menyatakan bhwa 25 Nabi itu dari negeri Arab semua. Ibrahim memang bisa disebut bapak para nabi, dari Ismail menetap di Zajirah Arab, tapi dari keturunan Ishak kan mungkin saja berdiaspora ke seluruh negeri. karena dari Ibrahim ke Isa aja udah ribuan tahun pak. kita udh 2000 tahun dari nabi Isa aja, banyak orang yang udh jalan-jalan ampe ke kutub, bahkan ke bulan. apalagi zamannya nabi Sulaiman tuh yg katanya tingkat kemajuannya tinggi.

      jadi mohon argumentasinya disertai/ditulis dalil atau faktanya. atau boleh kasih linknya

      Hapus
  20. komodo juga peliharaannya nabi sulaiman,LOL , prambanan juga nanti diklaim juga sama islam, penemu iPhone juga islam lhooo,. aslinya tuh al-ayfuniyah! nabi sulaiman suka beristirahat di kepulauan solomon? sekalian aja kepulauan fak-fak Papua barat! hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sebelumnya,anda muslim atw non muslim?

      Hapus
    2. maaf sodara Harun Alrasyid, mukin saya akan mengkritik sedikit dari pertanyaan sodara tentang muslim....!

      1, menurut bahasa

      MUSLIM itu berasal dari kalata SALAMA dalam Bahasa Arab yg aratinya selamat, jadi karna dia PELAKU dari kata SELAMAT maka kita menyebutnya YANG MENYELAMATKAN/PENYELAMAT dan dalam bhs arab disebut MUSLIM.

      jadi jangan heran kalo madhamagandi disebut muslim oleh sebahagian orang muslim padahal ia tidak beragama islam, Munkin dikarenakan dia banyak menolong sesama manusia Dll.

      2,Menurut Istilah,

      MUSLIM sebagai PENGIKUT AJARAN AGAMA KESELAMATAN (Penganut AGAMA ISLAMA), Tapi belum tentu bisa jadi muslim, alasannya sederhana, dia tau mencela, menghardik atau menyebarkan aib orang lain itu dilarang keras AGAMA ISLAM tapi dia malah mengerjakannya.

      3,perbedaan status keduanya

      a, Kebaikan Orang Muslim didunia yg tak Beragama islam DiBalas kebaikannya Didunia Oleh yang kuasa, dan bila ia Meniggal keburukannya dibalas juga karena tidak mengakui ke ESAHAN Allah dan Kerasulan Muhamad.

      Itulah mengapa kita dilarang mendo'akan mereka setelah mereka meninggal. maka Selagi Mereka masih hidup rahmatilah dan Do'akanlah untuk kebaikannya.

      b, Sedangkan Muslim pengikut agama islam yg yang menyimpang, selama dia tidak Menduakan atau mentigakan yang kuasa (allah). bisajadi dibalas keburukannya didunia, dan diakhirat ia aman. atau ia dibalas keburukannya di akhirat sampai dosa2nya bersih,setelah itu ia aman.

      Dan Kita Tidak dilarang Untuk Berdo'a Memohonkan Ampunan Sang PENCIPTA Untuknya.

      dan bila dilihat dari pernyataan Saudara

      TukangHajiNaikBubur,

      Akurasa Sudah jelas....! Ok Brooo

      Hapus
  21. aduh........normatif semua jawabanya........

    yahudi=jews=JW= JAWA
    topi para RABI ada lambang rumah joglo...

    kalau yang masih menganut arabisme ddan ibranisme.....ya wajar menolak kenyataan......

    BalasHapus
  22. diatas gue ngasal abis jawabannya XD bangun tidur ya tong??

    BalasHapus
  23. Jangan Ngasal ngomong bero, Kamu pelajari dalam dulu kisah nya nabi Sulaiman Versi Yaman dan Indonesia..Bandingkan. Jangan ASAL TULIS ARTIKEL

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Husna, dalam blogger saya, saya sering menghapus lagi tulisan yang ternyata kurang bagus. Tulisan yang kamu salin ini menunjukkan kebelumatangan penulisnya dalam memandang persoalan dan menulis. Kamu yang kenah getahnya dgn banyak dijelekkan. Saya menganjurkan, tulisan ini hapus saja, itu lebih baik supaya nama kamu tidak dijelek-jelekkan lagi padahal ini tulisan orang lain. Karena ada kata "kebohongan sejarah" yg keren tapi isinya menyedihkan, tulisan ini ada di jajaran atas dalam search Google kalau mencari topik "Borobudur dan Nabi Sulaiman." Ini bukan bagus, tapi akan semakin banyak yang akan sinis pada kamu karena tulisan yang mentah ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  26. Makin rumit... kebebasan berpendapat asalkan didukung data dan fakta. dan yang sudah kasih komentar namun ternyata masih sama penasaran coba belajar lagi :)

    BalasHapus
  27. mbak menurut sejarah bahwa benar nabi2 itu dulu ada di indonesia,kalau anda belum mengerti sejarah saya harap jangan asal asbun,soalnya menurut saya bisa jadi bumerang untuk diri anda sendiri,apa yang ditulis oleh beliau sangat ilmiah dilihat dari literatur sejarah dan keilmuan,bila anda ingin mengetahui lebih lanjut saya siap menerangkan untuk anda

    BalasHapus
  28. kalau anda penasaran nonton aja youtube judul pengajian SOM emha ainun najib di situ lebih lengkap cerita nya bahwa nabi2 dulu itu benar ada di indonesia

    BalasHapus
  29. numpang lewat, pengen numpang nulis cerita, tapi jangan marah :(
    soalnya ga pake bukti apa-apa, cuman dongeng dari orang tua yang udah kelewat tua, atau dia apa lagi ngimpi kali ya? trus gw dengerin aja dari pada bengong sendirian, begini ceritanya, pernah 1 ketika nabi nuh yang secara tidak sengaja pernah singgah di Indonesia akibat kapalnya nyangkut kena batu karang, to be continue ;)

    wah ceritanya rame banget dah tuh kakek-kakek, intinya aja deh gw ceritain, singgahnya nabi nuh di indonesia meskipun ga disengaja, menyimpan 1 harta yang sangat berharga, tepatnya sih di salah satu kota yang ada di jawa, yang apabila indonesia mempercayainya, digali 1 titik di kota ntu, kekayaannya ga bakal abis buat bayar utang indonesia, masih sisa banyak, ya mudah-mudahan aja kebagian kita-kita nih :D

    Ini cerita orang tua lho yang turun temurun diceritain, meskipun gw bukan keturunannya.
    Iseng doang nanyain mitos/dongeng buat ngelepas lelah aja, dipercaya sukur, ga juga gpp, kalo gw sih ngehargai aja cerita aki-aki, jadi ga menutup kemungkinan bahwa ada kaitannya borobudur ma nabi sulaiman, bener tuh kata yang diatas, perkara gaib di ungkap dengan gaib juga, masa lalu hanya bisa kita kenang dan masa depan hanya bisa kita impikan, bukankah itu perkara gaib? apalagii sejarah, sesuatu yang ga pernah kita rasakan masa nya dan hanya bisa mengenang nya aja, ga menutup kemungkinan K.H. Fahmi Basya bisa bercerita begitu berdasarkan perkara gaib juga, makanya dia berusaha menyampaikan kepada kita.

    jadi, hargailah orang yang telah cape, lelah, pusing, migren, dst dah yang telah meluangkan waktunya yang hanya untuk berusaha mengungkap kebenaran, apalagi sampe ngumpulin bukti-bukti, waduh, salud dah, perkara benar atau tidak, serahkan saja kepada sang maha pencipta kehidupan setelah kematian.. ws.wr.wb

    BalasHapus
  30. Hmmmmm.....
    Menyimak banyak komentar.
    seru juga
    Tergelitik untuk ikut komentar.

    1. Kalaupun penelitian itu benar, itukan bagian dari sejarah yg sudah di hapus peradabannya oleh yang Kuasa karena satu dan lain hal. Yang ada sekarang adalah saat ini dan memikirkan bagaimana masa depan ... (bagi yang mau)
    Karena jaman sekarangpun akan hilang sejalan dengan berjalannya waktu.

    Jadi di jaman kebebasan informasi ini silahkan berpendapat,
    Orang-orang mulai cerdas,
    Silahkan berpendapat,
    waktu yg akan menjawab benar atau tidaknya informasi,
    atau waktu yg akan menelan dan menghapus informasi itu dengan sendirinya

    BalasHapus
  31. Makanya yg berkomen kontra baca dari sejarah bangsa lumeria terus peradaban bangsa Atlantis,penelitian terbaru oleh prf arsyo santos,semua ada di Al qur'an, pasti akan bisa menerima jika punya nurani dan berhati bersih,nah baru berkomen ini masih miskin pengetahuan sudah membantah dgn argumen ngawur,tanpa dasar,kalian tahu penemu borobudur?bangsa apa?100 thn kemudian baru dibuka untuk umum,kasian klw kita tidak tahu kebenaran sejarah yg terlebih dahulu direkayasa oleh bangsa luar,kalian tahu batu prasasti2 yg asli ada dimana sekarang!klw tidak tahu tidak usah berkomentar dulu...banyak pengetahuan baru membantah dengan argumen yg tepat...

    BalasHapus
  32. bangunanya borobudur itu mantab ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mantab habissss,, gw blum ksana sich

      Hapus
  33. aku orang awam menurutku sah2 saja.... karena indonesia Bumi ciptaan Allah SWT.. seperti negara2 lain... mengenai Candi Borobudur mungkin ada benarnya, Dan Nabi Sulaiman di anggap sang Budha oleh kaum Budha.... karena begitu saktinya. Dan saat itu nama Islam belum ada... yg dianjurkan hanya menyembah pada Maha Pencipta yaitu Allah SWT.... jadi wajar saja manusia masih belum mengerti dan menjiwai.... sehingga yg di sembah patung manusia yg suci....

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muslim Indonesia yang Cerdas, baik, berbudi, dan Bermoral.
      Jangan kalian bertindak seperti orang bodoh, lagi merendahkan sesamanya.
      Baik kalian sudah menghabiskan waktu 24 jam, hanya untuk membaca tulisan KH Fahmi Basyi sampai tuntas, lalu kalian mempercayainya begitu saja, tanpa peduli harus membuktikan kebenaanya sendiri.
      Mari berpikir cerdas, Coba kunjungi situs ini(baca sampai tuntas dan pahami)http://yasirmaster.blogspot.com/2012/10/apakah-orang-jawa-keturunan-yahudi.html

      Hapus
    2. Ho oh.. gan.. sekali lagi sodara2.. Sejarah(ilmu) jangan di padukan dengan Agama(kepercayaan)... namanya aja kepercayaan.. ya percayalah...

      Hapus
  35. maaf sblmnya.. menurut saya pak kyai itu melakukan hal yg positif karena intinya mencari kebenaran untuk umat yaitu meluruskan sejarah candi borobudur. mungkin pada zamannya candi itu namannya bukan borobudur dan bukan pula nama pulaunya pulau jawa. jd mungkin saja apa yg dikatakannya adalah benar. untuk informasi yg berimbang mungkin umat budha harus membeberkan fakta-fakta yg lebih mendetail lg lebih dr pak kyai, sehingga masyarakat tahu mana yg harus lebih dipercaya.

    BalasHapus
  36. yuuuuk kita pindah ke Bulan, biar ga mikirin sejarah.....:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk..Mari... Sejarah(ilmu) jangan di padukan dengan Agama(kepercayaan)... namanya aja kepercayaan.. ya percayalah...

      Hapus
    2. bung yos, memang bung yos belajar buat apa. cuman buat cari duit aja?, manusia dan jin di ciptakan untuk beribadah pada Allah. jadi sejak bangun tidur sampe-tidur lagi kita perlu agama. bahkan belajarpun ibadah buat lebih mengenal kebesaran sang pencipta. nanti kalo bung yos mati, ditanya sama Allah mau jawab apa atas pernyataan saudara'

      masa jawabanya "ga tau pusing ya Allah"

      Hapus
  37. Setelah saya"orang awam" membaca artikel dan komentar masing-masing,boleh lah berpendapat,layak suatu pendapat pasti αϑa̅ pro dan kontranya. Terima kasih atas tambahan pengetahuannya " dari penyaji artikel dan semua kementar "

    BalasHapus
  38. yang nulis artikel nya ga muncul2?

    pendapat saya ada beberapa tahap dalam mendalami sesuatu:

    peristiwa di masa depan akan jadi sejarah,,lalu lama lama bisa menjadi legenda..setelah legenda itu musnah beserta bukti2 nya,maka kita lemah dalam memahami legenda tsb,,dan ujung2 nya menjadi mitos.

    apa yg harus didalami?
    jd dalam menyanggah pendapat ilmiah pun harus dalam penyanggahan yg ilmiah pula.. :)
    if you know what i mean...

    BalasHapus
  39. Biarlah Pak Kyai itu punya Karya Ilmiah..
    Toh klopun salah dan Nak Husna Khoirunnisa yg benar, toh saat ini para anak muda g bakal ngerti akan esensi sebuah sejarah..
    Paling2 cmn dibuat bahan "perang", atau sok2an saja, atau setelah dibaca -pasti ditaruh di gudang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul cing... cukup imani saja Kitab anda masing2.. nggak usah dibuat pusing mengkorek2 yang tidak2..

      Hapus
    2. bung yos, bagaimana anda beriman kalo referensi anda sempit, berguru sama satu guru saja hidup ga akan berkembang, guru di SMA pun banyak kan, pelajaran di sekolahpun banyak kan?? inget kalo alfa edison ga ngorek yang tidak-tidak di rumahmu ga ada lampu.

      Hapus
    3. Memang itu Yos ga bisa berpikir sehat

      Hapus
  40. Hai kalian.. Kitab Suci itu dimana2 cuma teka teki.. Yang tau kebenaran isinya cuma Yang buat.. Saya belom baca itu suratnya apa artinya dan gimana isinya.. tp jangan donk Sulaiman di Indonesia.. waw nanti bisa2 perang sama Gatot kaca jaman dulu... nggak boleh itu mengira2 isi Kitab Suci walau dengan perhitungan atau identifikasi yg matang.. itu makanya ada yang mengira Yesus itu Isa, islam boleh nikah sampe 4x, merokok itu haram dan sebagainya.. cukuplah imani saja.. ngk usah mikir aneh2 dan membuat terobosan baru.. takutnya nanti semakin dikorek eh timbul pernyataan..ternyata Nabi Muhammad berasal dari Papua.. walah... ngkongnya Okto donk... :D

    BalasHapus
  41. Justru saya berpendapat kita semua seharusnya iri dengan pak Kyai karena telah berani untuk mulai maju menganalisa sejarah untuk membuka kebenaran dalam sisi baik itu agama maupun kenyataan sejarah itu sendiri. Soal itu benar atau salah beliau hanya manusia. Namun bagaimana Allah akan membuka kebenaran bila manusianya saja cuma bisa skeptis dan tidak mau bergerak mencarinya? Dari sini bisa dibayangkan sulitnya bagi utusan Allah dimasa lalu untuk menyampaikan kebenaran kepada suatu umat, terutama bila umat itu sudah terpatri dengan " kebenarannya sendiri " yg didapat dari apa yg dia pelajari atau dengar tanpa menganalisa dan mencarinya sendiri. Setidaknya janganlah menyalahkan atau membenarkan suatu hipotesa mereka yg memang berusaha mencari, terutama bila kita sendiri ternyata tidak tahu apa2.
    Mungkin sejarah kita akan bertambah membingungkan bila naskah2, manuskrip, prasasti, arca dan berbagai benda kuno lainnya yg kini ditangan para ex penjajah kita dikembalikan untuk dipelajari dan diungkap kebenarannya.
    Satu hal yg pasti adalah untuk menjajah suatu kebudayaan adalah dengan membuatnya lebih inferior. Dan itulah yg telah terjadi dinegara ini.

    BalasHapus
  42. Salut buat perjuangan Pak Kiyai .... terlepas dari benar atau salah, yang jelas kita sebagai orang Indonesia, khusus nya yang beragama Islam harus merasa bangga, Semoga kebenaran hakiki akan segera terungkap, Maju lah Indonesia ku ... Merdeka ! Merdeka !

    BalasHapus
  43. bahasanya kurang pantas dimuat di blog

    BalasHapus
  44. tp di jaman seperti itu mana ada yang bisa memahat sampe sebagus itu kalo ngg ke hendak maha kuasa,, besi dan baja aja masih tercampur oleh tanah,,

    BalasHapus
  45. HK : " saya lebih menghargai orang yang mau berusaha dari pada orang tidak mau berusaha" , harusnya bisa lebih menghargai usaha keras KH Fahmi Basya..

    BalasHapus
  46. menurut saya, itu bukan patung. itu lebih cenderung ke penggambaran informasi. seprti relief2 di mesir. patung itu bukan utk disembah, melainkan sebagai penggambaran informasi. Hanya Allah yg tau.

    BalasHapus
  47. Diatas orang pandaai adalah orang gila,jika anda belum pernah gila jngan ngaku pandai...

    BalasHapus
  48. kemaren aku tanya lek wagimen yang bekerja sebagai tukang batu dengan gaji 30.000 per hari katanya yang bikin borobudur itu asli orang jawa tulen ada yang ngangkut batu dari kali,ada yang nempelin batu batu pake lem putihan telor bebek ada yang mahatin batu jumlah karyawanya banyak sekali tapi ada juga yang duduk sambil wedangan.bangunan dipengaruhi budha dan hindhu katanya dulu juga berasal dari jawa orang india dan china datang ke nusantara hanya untuk belajar agama akhlak,budi pekerti sopan santun dan budaya lalu dikembangkan dinegara masing masing.dulu agama budha dan hindhu hidup rukun berdampingan di tanah jawa ini.

    BalasHapus
  49. Ini sepertinya sudah diluar penalaran saya, semoga yang dibahas ini cepat memperoleh titik temu.

    BalasHapus
  50. Kiai sableng.. Mao numpang tenar yah begini dah.
    Kaya islam kekurangan artifak sejarah aja, sampe musti ngaku2in artifak agama lain. Gile loe ndro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dick, (namanya di ganti, ga enak liatnya), masa sih belum aja liat penjelasan kiayi fahmi udah ceplas-ceplos. memang kamu punya bukti apa??

      Hapus
  51. Saya mahs epakat-sepakat saja sama pak kiyai, wong ini kan baru hipotesa. Lah kan sejarah memang milik si punya kuasa. Siapa yang punya kuasa dia berhak menentukan sejarah. Penemuan borobudur adalah masa penjajahan belanda, barulah di adakan penelitian. Kalaupun sudah final bahwa itu merupakan peninggalan agama budha, toh tidak ada salahnya jga memunculkan hipotesa baru.
    Oya, kalau tidak salah nama borobudur juga belum jelas junjrungannaydi ambil dari bahasa apa.
    salam

    BalasHapus
  52. Assalamualaikum.
    Maaf mencelah.
    Saya dari Malaysia, saya amat tertarik dengan kajian ilmiah KH Fahmi Basya berdasarkan surah Al-Quran dikaitkan dengan penemuan sejarah di Candi Borobodur. Ayat-ayat dalam Al-Quran tidaklah perlu disangkal dan ditetang lagi sebab sudah termaktub kebenarannya (wahyu Allah) dan sebagai pengajaran kepada manusia (kita semua). Namun, kajian pak KH Fahmi Basya haruslah dipuji kerana bukan julung-julung orang Islam membuat kajian berilmiah ini. Selalunya orang barat dan bukan Islam. Jadi kita semua harus berbangga. Selain menambahkan ilmu di dada dan mengembangkan fikiran, ia juga bermanfaat untuk kita meningkatkan keimanan dan memperkukuhkan aakidah kita kepada Allah yang Maha Esa. Kepada yang tidak bersetuju dengan kajian KH Fahmi Basya, usahlah disanggah kerana mungkin beliau mempunyai pendapat peribadi yang sebaliknya. Namun, keterbukaan Islam di dalam menerima dan memberi pandangan, sudahpun terbukti sejak dahulu tanpa perbalahan dan pergaduhan. Wallahuaqlam. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui.

    BalasHapus
  53. Saya pikir boleh-boleh saja seseorang melontarkan ide/hasil pemikiran/riset yang didalaminya, tapi harus dinggat bahwa itu semua hanya merupakan pendapat. Didalam Islam dalam menilai sesuatu itu benar atau salah adalah berdasarkan pemberitahuan dari Sang Maha Pencipta atau wahyu, jadi dapat disimpulkan bahwa ide/pendapat seseoarang tidak dapat dijadikan untuk membenarkan Islam itu sendiri {ingat kisah ashabul kahfi}. semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju.. Makanya mba Husna yg baik Kl mau mematahkan penelitian atau argumen seseorang jangan sehari dua hari.. Kalo mw minimal 30 tahun Dulu teliti seperti KH Fahmi Basya.. Baru bisa keluarin buku sanggahan nya

      Hapus
  54. its not impossible java island related with sulaiman a.s. because maps changing...the island that we see now is totally different than before......Allahualam

    BalasHapus
  55. untuk mu agama mu untuk ku agama ku

    BalasHapus
  56. Ramai yg beraggapan bahawa Saba terletak diyemen, itu adalah anak-anaknya.. kerana Saba mempunyai sepuluh orng anak, 6 di Yemen & 4 di Syam.


    Siapakah Saba’ Itu?

    Dalam hadis Farwah bin Musaik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya oleh seorang laki-laki, “Ya Rasulullah, kabarkanlah kepadaku tentang Saba’? Apakah Saba’ itu? Apakah ia adalah nama sebuah tempat ataukah nama dari seorang wanita?” Beliau pun menjawab,

    لَيْسَ بِأَرْضٍ وَلَا امْرَأَةٍ وَلَكِنَّهُ رَجُلٌ وَلَدَ عَشْرَةً مِنَ العَرَبِ، فَتَيَامَنَ سِتَّةٌ وَتَشَاءَمَ أَرْبَعَةٌ

    “Dia bukanlah nama suatu tempat dan bukan pula nama wanita, tetapi ia adalah seorang laki-laki yang memiliki sepeluh orang anak dari bangsa Arab. Enam orang dari anak-anaknya menempati wilayah Yaman dan empat orang menempati wilayah Syam.” (HR. Abu Dawud, no. 3988 dan Tirmidzi, no. 3222).


    Yemen dikaitkan dengan Kerajaan Saba", tetapi di sini adalah pecahan 6 dari 10 anaknya yang berada di Yemen & Syam.

    Maknanya, Yemen ini adalah kota bagi anak2 Saba"




    Soalnyaa.. jika sejarah mengatakan Saba terletak di Yemen, sedangkan di situ adalah tempat 6 orng anaknya tadi, jadi dimanakah pusat Saba itu yg sebenarnya ?? tak lain tak bukan pusat Saba'itu adalah di Nusantara.

    BalasHapus
  57. Melalui tulisan ini, ada aku masukkan dlm blog aku.. cerita yg lengkap mengenai Borobudur ini,, cuma agak memeningkan kepala kerana Borobudur dikaitkan dgn Buddha sedangkan Pembinaan Borobudur lebih lama dari Kewujudan Agama Buddha,, mana mungkin Buddha wujud sebelum Borobudur diciptakan bukan??

    Jika anda lihat pada ptung yg diukir itu, ia adalah untuk menceritakan sesuatu.. bukan utk disembah... lagi pula jika anda mengatakan Candi ini milik Buddha, apakah didalam Agama Buddha ada menyeru umatnya sujud seperti yg terukir pada lukisan borobudur ini??

    begitu juga dgn kisah Nabi Yunus ditelan ikan, Puteri Balqis Menyingsingkan Kainnnya, Nabi Daun yg bercakap bersama burung.. ini menunjukkan sebuah teori yg kukuh bahawa Borobudur ini di bina oleh sebuah kerajaan yg beriman kepada Allah..

    BalasHapus
  58. buat kepada pemilik blog y ku lihat tak matang.. janganlah hanya tahu copy paste sahaja tanpa usul periksa.. jgn tunjukkan kebodohan anda disini..

    menteliti orng2 Asia perlu diubah kerana mentaliti yg suka meniru2 apa sahaja yg diterima tanpa diselidik & dikaji dahulu..

    Im From Malaysia, i also respect ur country Indonesia krn Malaysia & Indonesi ini dulunya bersatu,namun berpisah kerana banjir besar.. Inilah Kepulauan Melayu yg perlu dijaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. like u nurul nizam, ambil hikmanya, tak ada tulisan nurul, maka saya nggak akan membaca artikel ini, pro kontra adalah biasa. adek nurul semoga Allah, melapangkan hatimu, menambahkan ilmumu, kita doakan baik saja.

      Hapus
    2. menurut analisis saya: blog ini banyak benernya, daripada pendapat KH Fahmi Basya yang hanya ngomongin jin dll. di BOROBUDUR yang sangat megah terdapat banyak sekali fakta tentang kehidupan BUDDHA, sedangkan KH Fahmi Basya hanya menemukan 40 fakta (fakta menurut nya, tetapi enggak jelas).


      “Kebencian tak akan pernah berakhir, apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir, Bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi”
      _"Dhammapada" (Yamaka Vagga:5)_

      Hapus
  59. Sudah banyak teori yang dulunya dianggap paling banar, ternyata terbantahkan dengan penemuan baru yang lebih modern.
    Ada satu teori yang diyakini sebagian manusia sampai sekarang bahwa bumi mengelilingi matahari, padahal setelah diteliti lebih dalam ternyata planet planet dalam tata surya itu tidak mengelilingi matahari, tetapi mengikuti matahari. Karena garis edarnya tidak kembali ke tempat semula, tetapi justru berbentuk spiral karena mengikuti pergerakan matahari mengelilingi pusat galaxy.
    Sama halnya dengan teori teori tentang arkeologi ini, bisa jadi mereka juga salah. Wallahu a'lam.

    BalasHapus
  60. menarik,, husna ga salah di cuma ngisi kreativitasnya di blog, yang salah yang celotehannya ga sopan (ngejek, hina, ga percaya, apalagi ga punya rujukan). jawaban ga akan ketemu hanya dengan celoteh dn cemooh. saya tertarik dengan pemaparan cukp logis dari fahmi bahsya (saya download youtubenya). kalo ada temen temen yang tahu refrensi dari usia bangunan dari jejak karbon dan lain-lain minta linknya dong.

    melihat pemaparan tentang ice age (yang di hpotesiskan ilmuwan luar) versi fahmi basya cukp logis, dari bukti argumennya. ternyata ilmuwan kita pun mumpuni menafsirkan setiap temuan

    "pertanyaan untuk siapapun pembaca, ada yng menarik"

    "ko pusat peradaban budha iindonesia ya, apakah di tempat asal berdirinya umat budha ada candi/ peninggalan lain semaju borobudur??", ya kalo peninggalan peradaban ibrahim jelas ka'bah, yang di dirikan bersama ismail sbagai bentuk rasa syukur""kalo ada yng pnya refrensi, share ke saya ya.

    budha kan agama bumi, jadi kitab ajarannya di dapat dari penghayatan dari setiap kejadian bukan dari wahyu. bisa saja kan ketika umat budha menemukan borobudur kemudian dipelajari maksud dari semua relief yang ada kemudian di tiru.

    yang menarik lagi, Nabi Muhammad yang kononnya bukan ahli sejarah, bahkan ga bisa baca tulis itu, karena keshalehanyya di pilih untuk menybarkan alquran sebagai mukjizat akhir zaman. ya ini jaman saintis (berfikir logis didasarkan fakta yang ada di alam), dan risalah nabi Muhammad sudah di kabarkan ke semua pra nabi yang turun termasuk adam. nah bisa saja bagi orang yang mau berfikir bener candi borobudur adalah salah satu pendukung (mukjizat) al-quran. saya yakin deh Nabi Muhammad pun belum paham semua kandungan alquran, ya karena itu ilmu Allah yang harus kita pelajari untuk semakin beriman sama Allah.

    temen-temen yuk jangan saling ejek,, kita korban fitnah iblis loh kalo perang terus. umat nabi isa di pecah belah sama iblis lewat ahli kitab nabi musa yang menukar ayat untuk kepentingan pribadi. ajaran isa di rubah oleh konstantine kaisar romawi untuk keutuhan kerajaan roma (nah di sana iblis ketawa ketawa aja dapet teman yang menyekutukan Allah), terus umat islam pun sama lagi di pecah belah lagi. kan janji iblis kaya gitu.

    saya muslim (umat yang berserah diri sama Allah), yang membenarkan risalah adam, idris, nuh, hud saleh, ibrahim, luth, ishak,....,..., kebenaran risalah isa sebagai utusan Allah, dan muhammad penegas ajaran nabi isa untuk tidak menyekutukan Allah.. dengan adanya borobudur dan penjelasan fahmi basya, saya bersyukur dan lebih mengenal maksud Allah menciptakan kita semua.

    dan saya tunggu penjelasan teman-teman yang lain mengenai sumber2 peradaban ke
    khoirilanwarlubis@gmail.com

    untuk umat nasrani yang baca komen saya ayo pelajari injil versi bahasa ibrani, dalami bahasa ibraninya,, seperti kami yang belajar bahsa arab. jangan ikuti paus. karena pada hakikatnya setiap manusia sudah di beri kemampuan menangkap ajaran benar dan salah kalo di bener bener tulus berserah diri pada Allah.

    milik Allah lah ilmu yang benar, dan kita hanya mempelajari ilmu Allah, untuk bersyukur dan taat.

    BalasHapus
  61. “Kebencian tak akan pernah berakhir, apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir, Bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi”
    _"Dhammapada" (Yamaka Vagga:5)_

    BalasHapus
  62. kalau memang benar itu peninggalan nabi sulaiman, berarti selama ini orang islam sudah menghina dan menginjak injak agamanya sendiri dong, banyak umat islam yang menganggap umat buddha itu berhala karena menyembah patung,
    lalu jika itu benar patung nabi sulaiman, knapa dalam alquran tidak di perbolehkan mematungkan para nabi, menggambar karikatur nabi aja gak boleh, berarti umat islam pada jaman itu telah mendusstai agamanya sendiri karena menentang isi alquran, iya kaaan,
    wong rak mikir, asal njeplak,
    daripada pusing meniliti borobudur mending teliti aja tu kaabah mekah, kalau mau kesono aja buang duit puluhan juta bahkan ratusan, hanya untuk dapat gelar haji.
    selama ini apa sudah ada yang meneliti kaaba mekah., isinya apa, blum ada kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. berani banget pendapat mu bro?!?!?!
      aku no coment lahhh....
      yang jelas kita enggak setuju pendapat KH Fahmi Basya.

      “Kebencian tak akan pernah berakhir, apabila dibalas dengan kebencian. Tetapi, kebencian akan berakhir, Bila dibalas dengan tidak membenci. Inilah satu hukum abadi”
      _"Dhammapada" (Yamaka Vagga:5)_

      Hapus
    2. emang susah kalo omon tapi ngerti .. terserah lo aj deh ...CRUTT

      Hapus
    3. jaman nabi Sulaiman belum ada Al-Qur'an bro!

      jangan sok tau, jadi keliatan bodohnya! :)

      Hapus
    4. buat mas JHON : dari terbentuknya kehidupan sampe hari akhir udah dijelasin di Al-Qur'an. Jadi walaupun di jaman Nabi Sulaiman AS belum ada Al-Qur'an, tetapi kisah sebelum Nabi Sulaiman AS sudah tercatat di Al-Qur'an

      Hapus
    5. Yang saya tahu, bawha Agama Islam itu di sebarkan Oleh Nabi Muhammad.. jadi Nabi - nabi sebelum nabi muhammad itu bukan beragama Islam, tapi tetap percaya kepada Allah.

      mengapa saya berkata seperti ini, saya masih ingat guru agama saya waktu di sekolah dulu, bahwaasannya Agama Islam itu adalah Agama yang Sudah disempurnakan, dan agama yang di Ridhoi oleh Allah itu adalah Agama Islam.

      Jadi kenapa kok Nabi sulaiman membuat patung, atau apalah.. karena pada zaman nabi sulaiman itu belum beragama Islam, tapi tetap mengimani Allah. Hanya pada zaman Nabi Muhammad lah Islam itu ada dan mulai disebarkan.

      kita tahu kan Agama kristiani itu hasil dari Pembawaan Nabi Isa, begitu juga agama2 selain islam, itu adalah hasil dari nabi2 terdahulu..
      maaaf kalau tulisan saya salah atau tidak tepat.. salam damai :)

      Hapus
  63. buat semua yang berkomentar silahkan baca ini semoga ALloh "Azza wa Jalla memberi kita hidayah ke jalan tauhid tidak menafsirkan asal asalan dan gothak gathik gathuk ini link nya http://kembaradua.com/main.php?prm=artikel&cmd=detail&id=15

    BalasHapus
  64. buat yg pada komen mari kita komen yang santun, jika harus berdebat mari berdebat dengan ilmiah dan cara yang bijaksana.

    BalasHapus
  65. Wow.. Mantaf kali Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Usir hawa panas dan lembab rumah Anda dengan konsep ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, direct order dengan menyebutkan tanaman pesanan anda, http://djonlineshopping.blogspot.com/

    BalasHapus
  66. Ya ampuuuun........ Ini kok rasanya yang pada komen yang repot. Hehe. Menurut saya sih, meskipun ada tanda tanda buddhism di Borobudur, tetep bisa aja Nabi Sulaiman yang bikin. Soalnya kan Nabi Sulaiman itu Nabi. Setiap Nabi, pastilah mau semua agama akur. Jadi, mungkin aja Nabi Sulaiman mau kalau umat Buddha juga bisa ada disana. Kalau soal ukiran, bisa aja ada manusia yang sengaja mengukir ukiran Buddha disana. Nah, yang aneh itulah, Bukankah jaman Nabi Sulaiman lebih dulu daripada Buddha? Makanya saya berhipotesa bahwa mungkin ukiran itu buatan. Tapi hipotesa saya hanya berlaku jika Nabi Sulaiman yang benar-benar membuat candi itu. No offense, buddhism. Saya juga punya teman yang Buddha.

    BalasHapus
  67. Si fahmi neh kiayi keblinger perlu di pelintir leher nya.. udh deh mi kalo mau tau kebenaran nya baca al qur'an sampe tamat dan tafsir nya dan jangan lupa waktu baca al-quran harus ada pendamping nya yg lebih pintar dan faham... kalo fahmi cerit begini di depan habaib ya di ketawain plus di bego2in.. inti nya baca lagi al quran dan kisah nabi Muhammad.. si fahmi ni gua curiga di jadiin unsur bisnis doang.. banyak kiayi2 yg keblinger seperti si fahmi.. Allah sudah berjanji siapa yang pintar tanpa di dasari oleh iman maka akan di sesatkan

    BalasHapus
  68. Halo.....

    Saya berpendapat, janganlah karena suatu keyakinan, kita menjadi berpikiran sempit. Ilmu pengetahuan itu terus berkembang, dan sejarah itu penuh misteri yg memerlukan usaha kita untuk mengungkapnya. Dan ini adalah perjalanan panjang yg akan terus kita lakukan sebagai manusia.
    Silakan saja K.H. Fahmi disebut-sebut sbg org gila, keblinger, dsb. Tp yang jelas, beliau melakukannya berdasarkan suatu tertib penelitian yg panjang dan ilmiah. Dan yg perlu digarisbawahi, ilmiah itu TIDAK SAMA dengan menolak segala hal terkait agama, lho....
    Kitab Suci itu penuh dg ungkapan2 yg sifatnya metafora dan perlu ditafsirkan lebih jauh dg ilmu pengetahuan. Dan penelitian Borobudur ini adalah salah satu upaya untuk mengungkap misteri sejarah di dunia ini.

    Nah, kenapa marah dg hasil penelitian K.H. Fahmi? Pasti adalah alasannya karena itu tidak sesuai dg yang didengar umum selama ini bahwa segala sesuatu itu terjadi di Arab, Timur Tengah. Arab, Timur Tengah. Itu terus.... dan itu terus..... Padahal, ketika kita mengaitkan dengan hasil Penelitian tentang Atlantisnya Arysio Santos dan Oppenheimer, kita menjadi sadar bahwa sejarah manusia itu, khususnya yg terkait para Nabinya, tidak melulu tentang tanah Arab dan Timur Tengah. Kondisi dunia itu harus kita pandang secara UNIVERSAL berdasarkan bukti-bukti atau penelitian kesejarahan.

    Baik K.H. Fahmi, Arysio Santos, dan Oppenheimer, melakukan penelitian sejarah itu selama PULUHAN TAHUN, dan menyampaikan argumen2 yg betul2 ILMIAH dan sulit dibantah. Kalau ingin membantah ya harus dengan argumen2 ILMIAH juga, bukan dengan pemahaman atas cerita turun-temurun yg kita telan bulat2 tanpa penelitian lebih lanjut.

    Saya kira, orang2 yg berani mengungkapkan misteri sejarah adalah orang-orang yg patut kita hargai setinggi-tingginya.

    BalasHapus
  69. aduh,
    kok jdi pada ribut gini ya?
    mending bwat ibadah aja sesuai agama masing2,
    lebih bermanfaat :)
    jangan saling menghina&saling menjatuhkan biar dunia damai ^^

    BalasHapus
  70. aku ga yakin penulis ini orang islam, propaganda aja nih jgn2 dia org hindu yg menyamar

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. menurut saya sih manusia cuma bisa mambuat sebuah hipotesa berdasarkan teori dan fakta yang ada. Jadi ga ada salahnya jika ada orang yang berpendapat demikian. apakah hipotesa sebelumnya memang sudah disertai bukti yang kongkrit. kebenaran hanya milik Allah SWT. kita sebagai manusia tidak mempunyai kekuatan untuk menentukan.

    BalasHapus
  73. Al quran bukti tiap sesuatu tempat dan kejadian ada faktanya kelak kita akan mengetahuinya..

    BalasHapus
  74. Assalamu'alaikum wr, wb..
    inna akromakun 'anndallahi atqoqum.....

    saya hanya ingin bertanya "apakah saudara-saudari, kakanda & adinda sekalian dalam agama dan aqidah yang sama???"

    bila iya "wata'awanu 'alal birri wattqwa"
    bila "tidak" kita yang seaqidah "qul khoiron au liyasmut"
    tak akan bertemu dalam titik yang sma, hakikatnya tak kan bahagia orang nasrani bila islam jaya, itu..!!!!

    saran untuk nisa segera hapus atau ralat,,,!!
    syukron

    BalasHapus
  75. Butuh Keimanan melihat paparan KH FB :)

    BalasHapus
  76. Salam semuanya..
    Dari wacana diatas dan dgn semua koment2 yg masuk, agak keder jg mo ikutan koment disini, ilmunya sdh tinggi2.
    Sekedar share aja, sbenarnya penulis jg gak salah, mungkin ini efek dr pemberitaan yg pasti mengejutkan semua orang, termasuk jg sy sndiri. Gmn gak sejarah yg notabene sdh kita pelajari sejak TK atau SD mendadak muncul dgn pemberitaan sejarah baru yg mungkin membuat semua orang terkaget-kaget. Sekarang sy tanya, seandainya berita ini tdk ada saya klaim saudara2 sampai skrg msh tetap menganggap borobudur adalah sejarah spt biSanya, iya to. Mungkin ini yg dikhawatirkan penulis, krn bisa saja akan menjadi Sara. Semuanya tergantung dr pemahaman masing2 individu, krn klo melihat dr kaca mata orang awam, ini mungkin msh sesuatu hal yg gk masuk akal, klo bicara dr sejarah. Beda mungkin dgn orang2 yg sdh paham, itu mungkin bs diterima. Tp saya tanya lg, bagi sdr2 yg meyakini hal pemberitaan tsb sdh benar2 meyakini atau msh ada rasa ragu2.
    Sy hanya bs menghargai usaha dr K.H Fahmi dr sgl penemuan ilmiahnya mengenai candi borobudur ini, dan gk tanggung2 sdh dilakukan sampai 35 th lamanya, dan itu waktu yg lama utk mengungkapkan semua hsl penelitiannya.
    Dan masalah percaya atau tdk itu tergantung saudara utk menilai.
    Logikanya bgini, sdr punya sesuatu yg berharga dan sdh sdr miliki sejak lama, dan sdh diakui oleh semua pihak. Tiba2 ada yg datang dan mengklaim bhw barang itu bkn milik sdr, tp milik pihak lain. Apa tanggapan anda. Pasti protes kan.
    Sebenarny itu yg ingin disampaikan penulis.
    Skrg yg saya tanya lg, bgm tanggapan pemerintah dgn soal itu atau MUI sendiri?
    Krn ini hal krusial shg mereka sndiri jg tdk berani memutuskan kebenarannya. Sy yakin sampai saat ini disekolah2 msh diajarkan bahwa candi borobudur msh peninggalan sejarah umat budha.

    BalasHapus
  77. Yang saya tahu, bawha Agama Islam itu di sebarkan Oleh Nabi Muhammad.. jadi Nabi - nabi sebelum nabi muhammad itu bukan beragama Islam, tapi tetap percaya kepada Allah.

    mengapa saya berkata seperti ini, saya masih ingat guru agama saya waktu di sekolah dulu, bahwaasannya Agama Islam itu adalah Agama yang Sudah disempurnakan, dan agama yang di Ridhoi oleh Allah itu adalah Agama Islam.

    Jadi kenapa kok Nabi sulaiman membuat patung, atau apalah.. karena pada zaman nabi sulaiman itu belum beragama Islam, tapi tetap mengimani Allah. Hanya pada zaman Nabi Muhammad lah Islam itu ada dan mulai disebarkan. dan agama Islam itu adalah agama yang terlah di sempunakan oleh Allah.

    kita tahu kan Agama kristiani itu hasil dari Pembawaan Nabi Isa, begitu juga agama2 selain islam, itu adalah hasil dari nabi2 terdahulu..

    maaaf kalau tulisan saya salah atau tidak tepat.. salam damai :)

    BalasHapus
  78. kalo orang pinter sama orang bodoh berdiskusi ya ga bakal nyambung lah... walaupun 1000 orang pinter bicara ga bakal di dengar dan dimengerti oleh orang bodoh ..

    BalasHapus
  79. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  80. BIARKANLAH WAKTU BERJALAN, ALLAH.SWT AKAN MENUNJUKAN KEBENARAN KEPADA KITA.

    BalasHapus
  81. http://filsafat.kompasiana.com/.../alam-semesta-bukti...

    Alam Semesta Bukti Kitab Suci Ciptaan Manusia
    f

    BalasHapus
  82. Sesama ISLAM g usah debat segala kemungkinan dpt terjadi, mari kita satu insya Allah atas izin dikemudian hr bs sj negeri ini dijadikan tempat Islam berkuasa , krn di akhir zaman nanti akan ada khilafah minhajinnubuwah

    BalasHapus
  83. Sesama ISLAM g usah debat segala kemungkinan dpt terjadi, mari kita satu insya Allah atas izin Allah dikemudian hr bs sj negeri ini dijadikan tempat Islam berkuasa , krn di akhir zaman nanti akan ada khilafah minhajinnubuwah

    BalasHapus
  84. Kalo soal patung2 di ALquran surat Saba ayat 13 dijelaskan tentang gedung2 dan patung2

    BalasHapus
  85. DASAR SOK TAHU KALIAN SEMUA, KALO PENGEN TAHU BETUL-BETUL COBA BIKIN MESIN WAKTU & PERGI KEJAMAN ITU & PASTIKAN SENDIRI APAKAH ITU MILIK BUDDHA ATAU MILIK SULAEMAN DARIPADA DEBAT GAK KARUAN GITU

    BalasHapus
  86. "wallohu alam bil muroddi"..semua rahasia alam semesta hanya Allah SWT yang tahu dan itu ada di dalam Kitab suci Alquranul kariim..semua bukti-bukti sudah jelas ada dalam Alquran tinggal kita yang mempunyai Fikiran dapat membuka Rahasia itu, semoga Allah memberikan dan membukakan Rahasia yang sedang di teliti Oleh KH. Fahmi Basya..aaamin..dan saya mendukung nya.

    BalasHapus
  87. BIARKAN BOROBUDUR MENCERITAKAN DIRINYA SENDIRI.

    Harus diakui bahwa kapan Borobudur dibangun dan oleh siapa tetaplah hipotesis. Pendapat terkuat mengatakan ia dibangun pada abad ke-8 masehi oleh dinasti Syailendra pada periode Mataram Hindu, diselesaikan pada masa Raja Samarattungga atau Pramodyawardani. Tetapi sekali lagi ini tetap hipotesis. Sungguh, untuk menentukan Borobudur itu bangunan bersifat apa, tidak terlalu sulit, karena bentuk, langgam, cerita relief, stupa dan patung-patung dapat menceritakan nyaris semuanya.

    Dalam liturgi agama Budha dikenal istilah mapradaksina, yaitu ziarah dengan cara berjalan searah jarum jam, dimulai dari pintu timur Borobudur. Daksina artinya timur. Jika anda melakukan pradaksina sambil membaca relief yang tertera, tingkat demi tingkat, maka akan didapat cerita yang runut, yang telah dipecahkan oleh para pakar sebelumnya. Borobudur terdiri dari tiga tingkat, Kama Dhatu (ranah hawa nafsu), Rupa Dhatu (ranah rupa-rupa wujud), dan Arupa Dhatu (ranah keheningan batin). Relief diukir pada bagian Rupa Dhatu, kecuali relief tentang Karmawibhangga (kitab sebab-akibat/karma) yang diukir pada Kama Dhatu. Sedangkan Arupa Dhatu berhiaskan stupa-stupa kecil dan stupa besar di puncaknya.

    Relief yang diukir sudah bisa dipecahkan oleh para pakar arkeologi dan filologi, misal pada bagian Rupa Dhatu tingkat I diukir relief cerita Lalitawistara, Jataka dan Awadana. Tingkat II, III dan IV diukir relief Gandawyuha, Jataka dan Awadana. Sekedar penjelasan Lalitawistara merupakan penggambaran riwayat Sang Budha (walau tidak lengkap) dimulai dari turunnya Sang Budha dari surga Tushita dan berakhir dengan khotbah pertama di Banares India. Jataka adalah berbagai cerita tentang Sang Budha sebelum dilahirkan sebagai Pangeran Sidharta, berisi penonjolan sikap terpuji. Sedangkan Gandawyuha adalah cerita seorang yang bernama Sudhana yang berkelana mencari pencerahan sejati, digambarkan dalam 460 pigura yang dipahat berdasarkan kitab Budha aliran Mahayana yang berjudul Gandawyuha dan Bhadracari.

    Yang hendak saya tegaskan disini adalah, apakah pengarang buku Borobudur dan Peninggalan Nabi Sulaiman ini telah berhasil memecahkan bahwa relief itu bukan Lalitawistara, Jataka, Awadana, Gandawyuha dan seterusnya? Hipotesis baru hendaknya dimulai dengan mematahkan yang lama. Ternyata sama sekali tidak. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa beliau ini bukan ahli jawa kuno, arkeologi dan filologi mumpuni, sehingga tidak kompeten untuk memunculkan hipotesis baru.

    Patung-patung yang berjumlah 504 juga telah menjelaskan dirinya sendiri, ia adalah patung budhis dengan mudra (sikap duduk) yang telah dikenal luas oleh masyarakat Budha, yaitu bhumisparsa mudra, wara mudra, dhyana mudra, abhya mudra, witarka mudra dan sebagainya. Pengarang buku juga tidak membahas esensi patung ini. Juga, apakah mungkin seorang nabi justru memerintahkan membuat patung sedahsyat di Borobudur? Dari segi rasa dan pandangan mata sepintas saja, orang muslim, kristen, dan yahudi bisa memahami itu adalah patung budhis. Sama sekali tidak muncul kesan yang cukup bahwa Borobudur bernuansa biblikal apalagi quranik.

    Alih-alih menganalisis dan membantah apa yang sudah nyata, justru beliau mencari-cari dan memaksakan ayat-ayat Al-Qur’an agar selaras dengan klaimnya. Ini berbahaya. Berpotensi merendahkan Al-Qur’an sekedar sebagai kitab sejarah murahan atau matematika ghaib. Wallahualam.

    BalasHapus
  88. hehheeh , belajar lge maz yg buat postingan .. .sante ajj

    BalasHapus
  89. kita smua jgn terlalu memetak metak atau mengkotak kotak kan agama .keyakinan kita smua bagai satu benang lurus yg ditarik kebawah .dari atas smakin kebawah ,smakin sempurna pula panjang benang itu . hanya satu benang akhlak . .. . maternuwun monggo blajar sami2

    BalasHapus
  90. kalo saya percaya bahwa Indonesia adalah tempat jin. Faktanya terletak diantara 2 benua, samudera dan angin. Seperti hadis nabi

    BalasHapus
  91. Mbak husna@ apakah dengan sholat, ibadah , dan lain2 bisa membawa kita ke surga nya allah?
    Niat ketika hendak beribadah - lillahitaala.. ikhlas..
    Tapi ketika dalam penerapan.mungkin kita beribadah agar masuk surga, dan tidak di cemplungin ke neraka.. kalau tidak ada neraka apa kita mau sholat?
    Nah..daripada mikirin perkataan orang..lebih baik mikir basib diri sendiri..

    BalasHapus
  92. Salut banget kepada KH. Fahmi Basya, subhanallah... allohu akbar, Allah telah menganugrahkan pengetahuan sedemikialn luar biasanya .... dan betapa luar biasanya Alquran yang hanya diciptakan Allah untuk pedoman semua umat manusia sampai akhir zaman .....

    BalasHapus
  93. Semua tidak ada yg mustahil, termasuk apa yg ingin disampaikan oleh KH Fahmi Masya tentang Borobudur ini. Anda seharusnya ikut dunk melakukan penelitian bukan hanya mengecam tuk sebagai pembuktian seperti halnya yg dilakukana pak Kiai Fahmi. Sok pintar juga loh yg hanya bisa membaca dan mengekor seperti bebek....dgn menyalhakan orang lain, dgn dalil dan sejarah para arkelogi timur tengah yg mengatakan bahwa nabi sulaiman AS itu berada disana. Saya dukung penelitian Pak KH Fahmi Basya...teruskan !!! pak.........karena anda benar melakukan penelitian berdasarkan Kitab suci Al Quran dan Hadist yg sudah di isyaraatkan oleh Alloh SWT dan Rasullulloh SAW ........sama sekali tidak ada salahnnya.....Pak Kiai !!!! tuk melakukan penelitian /riset sejarah tersebut dalam mengungkap kebenaran Alloh SWT terhadap apa yg diciptakannya.....salam

    BalasHapus
  94. kok malah gegeran ki piye ... mbok yo ndang budhal nang borobudur kono .. rekreasi nambah konco.. disinauni bareng2 yen ono sing nduwe pendapat beda kudu dihargai dan bisa langsung ditanyakan ke ahlinya bpk Fahmi ato arkeolog ato yg lain (diskusi karo mangan gedhang goreng mantep) .. ... gak usah eyel2an bos.. saumpamane terbukti sing ngawe candi iku budha utowo islam ..olehe kanggo sampean2 iki opo.. jawaban biasane nambah keyakinan opo sampean kurang yakin karo agamane dewe.. ( Njaluk Sepurane sing uakeh kabeh yo .. min..min .. yen gak bener opo gak cocok opo gak pas oleh dihapus kok) Mohon Maaf yang buanyak lagi ya teman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. SIIIPPP.....SETUJU BOS PAIJO....

      Hapus
  95. Assalamu aliikum,
    setuju dengan paijo,
    apa pun arguman nya kita diskusikan dengan ilmiah. Allah memberi kita ilmu buat bkita jadi lebih baik ta buakn buat perang argumen. adu argumen harus biar ilmu pengetahuan makin berkembang. tapi gak sekedar buat saling menyalahkan. like buat Husna. dan semua yang komen

    BalasHapus
  96. Dalam hadis Farwah bin Musaik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya oleh seorang laki-laki, “Ya Rasulullah, kabarkanlah kepadaku tentang Saba’? Apakah Saba’ itu? Apakah ia adalah nama sebuah tempat ataukah nama dari seorang wanita?” Beliau pun menjawab,

    “Dia bukanlah nama suatu tempat dan bukan pula nama wanita, tetapi ia adalah seorang laki-laki yang memiliki sepeluh orang anak dari bangsa Arab. Enam orang dari anak-anaknya menempati wilayah Yaman dan empat orang menempati wilayah Syam.” (HR. Abu Dawud, no. 3988 dan Tirmidzi, no. 3222).

    Dalam riwayat Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhu ada tambahan nama-nama dari anak Saba, “Adapun yang menempati wilayah Yaman, mereka adalah: Madzhij, Kindah, al-Azd, al-Asy’ariyun, Anmar, dan Himyar. Dan yang menempati wilayah Syam adalah Lakhm, Judzam, Amilah, dan Ghassan (HR. Ahmad, no. 2898)

    cukuplah apa yg di kabarkan Allah dan Rasulnya,,
    terserah anda percaya Rasulullah atau orang lain

    BalasHapus
  97. logis aja.....
    kalo Borobudur emang punya umat Budha terus umat budha kan asalnya dari India. Logis aja, kalo umat Budha dari india nyebarin ajaran budha ke Indonesia, dan otomatis mereka juga akan membangun tempat ibadah umatnya,yaitu Borobudur(menurut para arkeolog seperti yg Anda sebutkan. padahal sebagian besar arkeolog itu berasal dari bangsa barat) , lantas kenapa di india sendiri gak ada tuh bangunan tempat ibadah yang menyerupai Borobudur atau candi-candi lain yg ada di indonesia. berarti kan emang borobudur bukan berasal/dibangun umat budha. umat budha terbesar selain di india juga ada di Cina. liat aja tuh di Cina, emang ada tempat ibadah mereka yg dibangun kayak Borobudur? so, Borobudur adalah bangunan asli indonesia,yang asal muasalnya perlu dikaji lagi.
    islam,pertama kali disebarkan ke indonesia oleh bangsa Arab. dengan tempat ibadahnya Masjid. nah, kita liat aja..di Arab ada masjid kan? berarti emang benar kalo masjid itu berasal dari kebudayaan Muslim dari Arab.
    kristen/katolik, pusatnya di vatikan/sebagian besar di negara2 barat. gereja-gereja di indonesia juga bangunannya seperti gereja di vatikan sana atau di negara-negara barat sebagian besar. so, emang agama kristen/katholik dibawa bangsa barat(penjajah) ke indonesia.
    cek aja gambar2nya di google.
    satu lagi.. nggak ada yg nggak mungkin di dunia ini..

    BalasHapus
  98. al qur'an memberikan inti suatu kejadian, agar manusia berfikir dan menggunakan akalnya untuk mencari ilmu dan memecahkan suatu kejadian. MULAI dari penciptaan manusia, alam semesta, tumbuh2an, sampai pada......... piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku) seperti yang tercantum dalam al qur'an surat 34 ayat 13 , yang kesemuanya adalah inti suatu kejadian/penciptaan yang tercantum dalam al qur'an..
    bukannya saya membela atau tidak setuju mengenai argumen K H fahmi basya ini, tapi selaku manusia, maka kita harus menelaah ilmu yang lebih jauh dan menggali ilmu yang lebih spesifik tentang piring-piring dan patung-patung yang disebut al qur'an pada Q S 34 : 13 tersebut.
    agar jelas keterangan yang tercantum dalam alqur'an Q S 34 : 13..
    lanjutkan penelitian tentang BOROBUDUR, agar sesama muslim tidak memperdebatkan masalah ini..

    BalasHapus
  99. Dik Husna Khoirunnisa dan pembaca lainnya, TERIMA KASIH ATAS APRESIASI YANG TELAH DISAMPAIKAN DI SINI TETAPI SAYANGNYA ANDA HARUS LEBIH BANYAK BELAJAR DAN MEMBACA REFERENSI LAINNYA KARENA YANG SUDAH DISAMPAIKAN OLEH BPK. FAHMI BASYA ADALAH HASIL PENELITIAN DAN KAJIAN YANG DILAKUKAN SELAMA BERTAHUN-TAHUN.

    SEJARAH BOROBUDUR KALAU DITARIK BENANG MERAH KE BELAKANG AKAN SEMAKIN JELAS MENGENAI KEBERADAAN INDONESIA YANG DAHULU DIKENAL SEBAGAI ATLANTIS YANG DIANGGAP ADALAH BENUA YANG HILANG. SEPERTI YANG DICERITAKAN OLEH PLATO SEORANG FILSUF YUNANI DAN DIKUATKAN OLEH PENELITIAN DARI PROFESOR ARYSIO SANTOS Geolog dan fisikawan nuklir asal Brasil ini melakukan penelitian selama 30 tahun untuk meneliti keberadaan Atlantis.

    KITA JANGAN MEMBAWA PERSOALAN AGAMA DALAM MEMAHAMI BOROBUDUR KARENA NABI SULAIMAN ADALAH NABI SEMUA AGAMA YANG MEMPERCAYAINYA SEBAGAI NABI.

    SEHARUSNYA KITA BANGGA SEBAGAI RAKYAT INDONESIA YANG DIBERI KELEBIHAN YANG MELEBIHI DARI NEGARA LAIN DIMANAPUN DIDUNIA INI. KITA JANGAN PICIK DALAM MEMAHAMI SUATU PERMASALAHAN SEBELUM MEMAHAMI DENGAN BENAR DAN TIDAK SEPOTONG-POTONG DALAM MENERIMA INFORMASI APALAGI BERDASARKAN CERITA YANG TIDAK ADA PENJELASANNYA.

    SEBENARNYA KITA HIDUP DI INDONESIA INI BUKAN SEBAGAI PENDUDUK PERTAMA INDONESIA, KITA ADALAH PENDUDUK INDONESIA YANG KEDUA SEDANGKAN PENDUDUK INDONESIA YANG PERTAMA SUDAH MUSNAH PADA JAMAN NABI SULAIMAN KARENA MEMANG DIMUSNAHKAN OLEH ALLAH SANG PENCIPTA ALAM SEMESTA DENGAN DATANGNYA BENCANA GUNUNG BERAPI DAN BANJIR YANG MENENGGELAMKAN NEGERI ATLANTIS DAN BERUBAH MENJADI INDONESIA SEKARANG INI.

    NEGERI ATLANTIS (INDONESIA) DAHULU MEMANG DIHUNI OLEH MAKHLUK YANG MEMPUNYAI KELEBIHAN DALAM SEGALA BIDANG BAHKAN KEMAMPUANNYA MELEBIHI KEMAMPUAN DARI NEGERI LAINNYA DI DUNIA.

    SILAKAN LIHAT DI GOOGLE EARTH PETA INDONESIA, DI SITU DAPAT DILIHAT KALAU INDONESIA DAHULU ITU LETAKNYA SALING BERHUBUNGAN DAN TIDAK DIPISAHKAN OLEH CERUKAN BEKAS GEMPA BUMI.

    WAH......KALAU DICERITAKAN DI SINI NANTI TIDAK MUAT SEMUANYA......
    OKE INI ADA PERTANYAAN YANG MUDAH TETAPI ANDA SEMUA BELUM TENTU DAPAT MENJAWABNYA. DAN JAWABANNYA MASIH ADA KETERKAITAN DENGAN HASIL PENELITIAN DARI BPK. FAHMI BASYA.

    MENGAPA PENDUDUK DI PAPUA MEMPUNYAI WARNA KULIT HITAM DAN BERAMBUT KERITING SEDANGKAN DI WILAYAH LAINNYA HANYA BERWARNA SAWO MATANG (COKLAT) DAN BERAMBUT LURUS ?

    KALAU ANDA DAPAT MENJAWAB DENGAN BENAR BERARTI ANDA SUDAH PAHAM DENGAN HASIL PENELITIAN DARI BPK. FAHMI BASYA.

    TERIMA KASIH.

    BalasHapus
  100. yang punya blog kemana nih???

    BalasHapus
  101. Pengertian Boro
    Boro dalam tulisan ini identik dengan migrasi sirkuler. Boro berasal dari bahasa jawa, dari kata “ngemboro” atau “mboro” yang berartikan meninggalkan desa tempat tinggalnya pindah ke daerah lain (waktunya sementara) dengan tujuan mencari penghasilan, meningkatkan status sosial ekonomi, dan pada saat-saat tertentu ia kembali ke desanya dengan membawa uang (remitan) dan kemudian kembali lagi ke tempat tujuan. Dengan kata lain, boro merupakan usaha seseorang untuk meningkatkan status sosial ekonomi di desanya dengan cara meninggalkan tempat tinggal (sementara) untuk bekerja ditempat tujuan, pada saat-saat tertentu ia kembali ke desanya dengan membawa hasil (remitan) dan kembali lagi ke daerah yang di tuju itu. Adapun lamanya waktu boro yang dilakukan oleh masyarakat desa, beragam dengan rentan waktu minimal 3 (tiga) minggu sampai dengan 3 (tiga) bulan di tempat tujuan, setelah beberapa hari di rumah (kira-kira 1-2 minggu) ia kembali lagi ke tempat tujuan.
    Boro dilakukan tidak hanya dodorong ekonomi saja melainkan juga kepentingan-kepentingan non ekonomi seperti; (1) keinginan mengikuti perintah agama (relegiusitas) (2) menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dan (3) meningkatkan status sosial di tengah masyarakat

    Fakhtafat minhul buduuru
    Telah datang kepada kami pembawa risalah(Ajaran=Tuntunan=Peringatan=Penerang hati)

    Jadi BORO Artinya Mengembara/Hijrah
    Dan BUDUR Artinya Risalah

    BOROBUDUR Artinya Tempat Mengembara mencari Tuntunan (DARI KITAB Zabur)

    BalasHapus
  102. PERNYATAAN bahwa borobudur adalah Produk Nabi sulaiman. Adalah pernyataan orang awam. Terlalu banyak makan. Jd mikirnya sudah jauh kemana2.
    SAYA maklum aj. Namaya orang awam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasarnya apa kok bisa menetapkan orang awam??

      Hapus
    2. ya'maluuna lahu maa yasyaau min mahaariiba watamaatsiila wajifaanin kaaljawaabi waquduurin raasiyaatin i'maluu aala daawuuda syukran waqaliilun min 'ibaadiya alsysyakuuru
      SURAT SABA AYAT 13
      13. Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. INJIL TAURAT PUN MENJELASKAN TENTANG BOROBUDUR RAJA-RAJA....19-20. (19) Takhta itu enam tingkatnya; pada takhta itu ada di sebelah belakang sebuah kepala bundar (DIKENAL KATANYA budha), dan pada kedua sisi tempat duduk ada kelek-kelek. Di samping kelek-kelek itu berdiri dua singa,
      SEMAKIN DEKAT KEYAKINAN BOROBUDUR ADALAH TEMPLE SOLOMON

      Hapus
    3. justru yang awam itu yang gak bisa mikir jauh keluar

      Hapus
  103. klo indonesia dahulu adalah kerajaan sulaiman,maka selain borobudur ada lagi peninggalan (artefak) dari nabi sulaiman as yang lain! coba buktikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. keris senjata nabi daud, surat sulaiman untuk ratu balqis lempeng emas yang ada dimusium indonesia...yang baru muncul situs gunung padang di cianjur yang konon kerajaan Atlantis....

      Hapus
  104. hadech,... klo aku sih lebih percaya itu peninggalan budha ..
    meskipun aku hindu tapi aku sangat percaya budha .. bahkan waktu smp diajarkan bahwa budha adalah awatara/avatar hindu yang ke 9 .. dan setelah agama hindu masuk ke indonesia agama budhalah yg selanjutnya masuk .. klo hindu ada peninggalan berupa candi prambanan,dll budha juga punya candi donk pastinya.. candinya borobudur karna reliefnya menggambarkan ajaran budha
    dan kalo nabi sulaiman yg mengonsepkan itu atau membangunnya kenapa dia malah kurang kerjaan memegahkan agama lain dengan cara membuat peninggalan yg tidak berhubungan dengan agamanya??
    kenapa tidak membuat yg berhubungan dengan agamanya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah melihat lukisan yang berada di Candi Borobudur gak?? Kalo belum .. Lukisannya tentang banjir besar.. bukan perang dan segala macam.. So, Saya tidak akan langsung menyimpulkan.. Tapi apakah di dalam agama budha ada kejadian tentang banjir besar?? Karena kalau dalam islam & kristen ada .. Yaitu pada zaman nabi nuh ..

      Lalu soal peninggalan yang berhubungan dengan agamanya. Sekarang apakah masjid yang ada di Indonesia dan yang ada di afrika bentuknya sama?? Jawabannya tidak, masjid di afrika terbuat dari tanah liat dibentuk sedemikian rupa sehingga tidak menyerupai masjid (Dalam pandangan kita)

      Satu lagi apakah Budha Gautama datang setelah atau sebelum Nabi Sulaiman? Kalau setelah.. Tentu tidak bisa dibilang meniru.. karena yang ditiru saja belum ada, bagaimana bisa meniru dan memegahkan agama lain??

      Di sini saya tidak bermaksud menyalahkan atau apalah namanya ..
      Saya cuma mau meluruskan saja :)

      Hapus
    2. Mas hasbi tidak usah jauh2 sampai ke zaman nabi nuh. banjir besar itu bisa jadi hanya sebuah tsunami seperti yang terjadi di aceh. yang jelas Candi tersebut bukan peninggalan Islam, karena Agama Islam baru ada setelah Nabi Muhammad saw. Nabi Sulaiman as adalah keturunan Nabi Daud as dengan kita zaburnya. apakah kitab zabur itu? dan siapakah umatnya? bisa jadi sidharta gautama itu nabi sulaiman atau perumpamaan-perumpamaan yang lain

      Hapus
  105. Lihat atlantis untuk Indoesia Raya.......awas akun wahabi

    BalasHapus
  106. bismillah...salam borobudur....bagus sangat blok ini dan juga hipotesa dari KH Fahmi Basya semoga kita selalu dituntun dan dilindungi selalu dalam naunganNYA...amin,, saya mungkin kurang kompeten masalah ini,,,tapi saya penasaran dengan ending suatu cerita ini...sungguh sangat sulit terpecahkan,,,,,kalau pandangan saya dalam mencari jejak atau napak tilas sesuatu yang kita belum tau kebenarannya,,kita perlu suatu BUKTI YANG KUAT dalam segala suatu pernyataan kita,,,misal kalau kita mengutarakan sesuatu harus ada sumbernya yang bisa dipercaya,,jadi setiap pernyataan apapun itu harus ada refernsi,,misal ada yang bilang "borobudur dibangun pada 500 SM'' terus ada lagi " nabi sulaiman satu-satunya nabi yang bernama ber awalan SU " trua ada lagi yang bilang " ratu BOKO itu ratu BILQIS " mana dasarnya ?dan kalau bilang bukan pun mana juga dasarnya...? trus ada lagi perhitungan2 yang apa dasar perumusannya?? kurang jelas semua itu.. ini pernyataan2 tidak dicantumkan referensinya ,,jadi membikin kita tdk tau kebenarannya,,,dan pernyataan2 yang begitu itu seakan memaksa kita untuk meyakini dan seakan kita harus percaya pada pernyataan itu..kalau memang anda tidak tau mna dasar atau referensi anda membuat pernyataan2 seperti itu anda tulis saja (ref:logika penulis/hemat penilis) jadi kan jelas...karena sangat banyak pernyataan2 begitu dalam hipotesa borobudur ini,,

    terima kasih semoga bisa jadi masukan , kalau ada yg perlu dikoreksi dari saya monggo silahkan......(sang perantau-Dubai)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sumber dari segala sejarah Al Qur'an Nur karim

      Hapus
  107. kalau melihat dari beberapa artikel dan internet sepertinya memang agama di Dunia ini sebenarnya adalah satu, cuma saya belum yakin sepertinya ada missing link, para tokoh masing-masing agama yang satu bilangnya nabi yang satu bilangnya tuhan, missing link tersebut sebenarnya terjadi di benua atlantis yakni benua yang hilang , seperti apa yang dikatakan oleh PLATO bahwa sebenarnya dahulu pernah terjadi peradaban yakni Benua atlantis dengan kriteria seperti yang ada di Nusantara yakni Indonesia masuk akal juga kalau bangsa-bangsa seperti maya, Lumeria, Saba, israel suku suku yang lainnya yang hilang mengungsi http://www.youtube.com/watch?v=H52n4iof3As begitu pula menurut wikipedia http://id.wikipedia.org/wiki/Atlantis , http://hendrapantaitimur.blogspot.com/2013/03/indonesia-ternyata-negeri-saba-benua.html
    dan ini juga bisa menguatkan bahwa tuhan itu satu, sedangkan utusannya banyak, semakin banyak persepsi semakin beda versi (modern saat ini)

    BalasHapus
  108. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  109. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  110. Assalamualaikum wr wb

    menarik sekali kalo sepintas saya baca komentar2 diatas. saya cuma menambahkan dari apa yang saya ketahui dari sedikit ilmu saya miliki. kebetulan saya tinggal di antara ke dua candi tersebut ( candi borobudur dan ratu boko)

    dulu sempet sepintas membaca buku karangan KH Fahmi Basha, saya tertarik namun dibagian cube (penghitungan kotak2 untuk dijadikan candi) seperti yang disebutkan dalam buku tersebut saya kurang yakin. karena Al Qur'an baru di turunkan pada zaman Nabi Muhammad saw.

    Namun untuk kajian Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman, kita tidak usah jauh2 membahas tentang apakah ini peninggalan Islam atau Budha. Kita gali bukti2 yang masih ada.

    Benar dikatakan dalam Al Qur'an Nur Karim :

    1) . Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: "Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata". (QS. 93:16)
    bukti nyata bahwa Nabi Sulaiman as adalah keturunan dari Nabi Daud as dan benar yang diceritakan bahwa beliau mendapatkan peringatan dari se ekor burung hud-hud. untuk lebih jelaskan silakan dibaca beberapa ayat setelahnya.

    2) Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): "Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud", dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (QS: 34:10)
    kita bahas ayat diatas, bahwa salah satu mukzizat Nabi Daud as adalah melunakkan besi.
    di tanah jawa ada keturunan nabi daud yang bisa melunakkan besi yang kita kenal sebagai empu, apakah ada di tempat lain selain tanah jawa seseorang yg bisa melunakkan besi? (silakan anda pikirkan)

    3) Dan Kami (tundukkan) angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan (pula) dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala. .Maksudnya bila Sulaiman mengadakan perjalanan dari pagi sampai tengah hari maka jarak yang ditempuhnya sama dengan jarak perjalanan unta yang cepat dalam sebulan. Begitu pula bila ia mengadakan perjalanan dari tengah hari sampai sore, maka kecepatannya sama dengan perjalanan sebulan.(QS: 34:12)
    dijelaskan ayat diatas bahwa Nabi Sulaiman as mempunyai mukzizat dalam perjalanan di pagi/sore sama dengan satu bulan. memungkinkan beliau untuk bisa kemana saja dalam waktu yg singkat.

    4) Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (QS: 34:13)
    mari kita cermati apakah Candi Borobudur itu buatan manusia atau bangsa jin, silakan di cek sendiri. dalam buku tersebut disebutkan bahwa rambut pada relief itu merupakan batu yg dilelehkan kemudian di plintir (kurang lebih nya seperti itu saya agak lupa isi bukunya). silakan rekan2 cek sendiri. apakah itu benar? lebih baik membuktikan dengan mata kepala dari pada dengan opini2 yang dasarnya masih belum pasti. dan apabila menurut anda Candi Borobudur bukan buatan bangsa jin, silakan anda cari di belahan dunia lain, gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku) adakah? tempat lain selain Candi Borobudur? Atau apakah dinasti mu’iinah / bendungan ma’rib itu yang merupakan buatan bangsa jin.

    BalasHapus
  111. 5) Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr. (QS. 34:16)

    mari kita bahas rekan-rekan mengenai banjir diatas. ada 2 versi :

    versi pertama dalam google jika anda mencari " peninggalan kerajaan saba' atau negeri saba " maka anda akan menemukan bendungan ma'rib / dinasti mu'iinah yang terletak di daerah Yaman. kemudian diceritakan bahwa banjir yang di sebutkan dalam ayat diatas karena bendungan tersebut jebol. adakah bukti yang menguatkan pendapat tersebut? dan buah pahit apakah yang ada disana setelah terjadi banjir?

    versi yang kedua dari buku karangan KH . Fahmi Basha, dalam buku tersebut disebutkan bahwa dari kutipan ayat diatas, bahwa Negeri Saba merupakan tanah Jawa dan peninggalannya adalah Candi Borobudur. dan buah pahit yang dimaksudkan adalah buah maja pada masa kerajaan maja pahit. mengenai banjir besar, disebutkan dalam buku tersebut bahwa dahulu kala tanah jawa dan pulau yang lain itu dulu tidak dipisahkan oleh samudera (QS. 34:18) mungkin juga banjir besar tersebut menjadi penyebab mengapa sebagian candi-candi ditanah jawa itu terkubur sebelum ditemukan.

    ada satu fakta lagi mengenai perdebatan, apakah candi Borobudur itu peninggalan umat Budha atau Nabi Sulaiman. bicara tentang sejarah, silakan anda bertanya pada orang sleman bagian timur yang sudah tua, disana ada " tipak bimo (jejak bima) " terletak di sebelah timur sma 1 ngemplak, siapakah bima itu, jejak kakinya mungkin sebesar badan kerbau namun sekarang sudah mengecil. bukti nyata bahwa orang jaman dahulu ukurannya lebih besar/tinggi dari kita yang sekarang ini. dan ada beberapa orang mengatakan patung yang ada di Candi borobudur itu "bimo".
    satu lagi saya tambahkan, informasi yang saya dapatkan dari ahli di bidangnya mengatakan bahwa jin - jin tertua itu berasal dari tanah jawa (dengan nama2nya yang kejawen) . Silakan anda tanyakan ke rekan anda yang ahli bidang tersebut.

    saya tidak menyimpulkan mana yang benar mana yang salah, itu hanya pendapat saya, mari kita kaji bukti2 nyata yang masi ada, jangan kita berpedoman hanya pada sebuah kata-kata. Dan yang terpenting kita kaum muslimin jangan sampai terpecah belah hanya karena sebuah buku. silakah meyakini pendapat masing2 namun jangan saling merendahkan. kita hargai hasil karya orang lain. Wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  112. Harus Kembali ke Quran karena Quran adalah benar,ingat ajaran tauhid menyembah kepada Alloh Swt adalah ajaran pwrtama bersmaan dunia diciptakan dan Islam adalah finishingnya...

    BalasHapus