Senin, 14 November 2011

GURU

Guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Tetapi masih banyak orang yang tidak percaya bahwa maju mundurnya Indonesia berada di tangan guru.Jangan dikira bahwa peserta didik bisa pintar dan cerdas dengan sendirinya tanpa bimbingan guru. Omong kosong! Mengapa saya mengatakan demikian, saya melihat sebagian masyarakat melihat guru laksana buruh pabrik, yang dilihat sebatas kerjanya saja!

Guru di sekolah tidak hanya sekedar mengajar,mentransfer ilmu tetapi yang dilakukannya lebih dari itu. Mereka menanamkan nilai-nilai kemanusian,moral,etika,adat-istiadat dan sopan santun serta kepatuhan terhadap hukum yang berlaku di republik ini.

Ini menjadi persoalan bagi saya karena saya masih menangkap di tengah masyarakat baik melalui media massa maupun elektronik,terkesan guru itu dipandang sebagai bukan pekerjaan yang terhormat.

Untuk itulah, dibeberapa pertemuan dan workshop selalu dianjurkan kepada bapak/ibu guru supaya memiliki kepercayaan diri yang baik. Jangan merasa rendah diri di mata masyarakat. Pencitraan yang positif pada diri guru haruslah kembangkan sehingga para guru memiliki sikap profesionalisme yang handal .

Ini memang bukan pekerjaan yang mudah tetapi bukan tidak mungkin. Kalau bukan guru itu sendiri bangkit dan memulainya untuk menunjukkan pencitraan yang baik di tengah masyarakat, siapa lagi?

Jayalah guru-guru Indonesia!

Sumber : http://dariguruuntukguru.wordpress.com/category/permasalahan-guru/

2 komentar: